1. Lifestyle

Gartner: Pangsa Pasar Windows Phone Untuk Pertama Kalinya Mengungguli BlackBerry

Sebelumnya kami sudah mengulas hasil riset terbaru Gartner yang melaporkan bahwa untuk pertama kalinya angka penjualan ponsel pintar atau smartphone mengungguli angka penjualan feature phone. Masih merujuk ke laporan yang sama, ada temuan lain yang juga menarik untuk kita cermati, untuk pertama kalinya pangsa pasar Windows Phone berhasil mengungguli BlackBerry.

Ini tentunya kabar yang sangat baik bagi Microsoft yang sejak rilis Windows Phone pertama kali sangat berambisi untuk mengambil alih "ekosistem ketiga" dari BlackBerry. Dengan 7,4 juta unit perangkat berbasis Windows Phone terjual selama kuartal kedua 2013 lalu, Windows Phone kini memiliki 3,3% pangsa pasar. BlackBerry sendiri nampaknya belum berhasil meningkatkan pangsa pasar meski telah merilis tiga perangkat berbasisi sistem operasi BlackBerry 10. Dengan total penjualan 6,1 juta unit, BlackBerry memiliki pangsa pasar sebesar 2,7%. Tentunya Android dan iOS masih tak tergoyahkan di posisi pertama dan kedua dengan masing-masing menguasai 79% dan 14,2% pangsa pasar.

Sementara jika dilihat berdasarkan produsen, komposisi pangsa pasar ponsel pintar masih belum berubah dibandingkan hasil kuartal pertama 2013 lalu. Samsung, Apple, LG, Lenovo, dan ZTE secara berurutan masih menjadi lima produsen dengan pangsa pasar ponsel pintar terbesar.

Pada pasar perangkat ponsel secara keseluruhan (yang memperhitungkan pasar ponsel pintar dan feature phone), komposisi sepuluh produsen teratas masih mirip dengan kondisi di kuartal pertama 2013. Perbedaannya hanya pada perubahan urutan beberapa produsen saja. Lenovo naik ke urutan 7 dari urutan 9 pada kuartal sebelumnya, menggeser perolehan pangsa pasar TCL dan Sony.

Perlahan tapi pasti, Microsoft nampaknya akan berhasil mengukuhkan posisinya sebagai ekosistem ketiga. Dengan masa depan BlackBerry yang kini tidak menentu sehubungan dengan rencana penjualan perusahan tersebut, praktis belum ada lawan kuat bagi Microsoft untuk berebut tempat ketiga tersebut. Beberapa sistem operasi alternatif seperti Firefox OS, Tizen atau Sailfish masih belum memiliki pangsa pasar yang signifikan di ranah ponsel pintar.

 

Sumber: Gartner. [gambar via]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again