Categories

Berita

Garuda Indonesia Siap Majukan Platform E-Commerce Yang Prima

Avi Tejo Bhaskoro - 16 October 2014

Setelah sukses menjalin kerja sama secara eksklusif dengan Tiket.com beberapa waktu lalu, salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia, Garuda Indonesia rupanya memiliki rencana untuk terus meningkatkan performa pemasarannya melalui platform e-commerce.

Bisa dikatakan, Garuda Indonesia saat ini mungkin menjadi maskapai lokal yang paling kencang dalam menapaki e-commerce sebagai platform andalannya memacu kinerja penjualan tiket. Hal ini pula yang sempat diakui oleh Erik Meijer selaku Direktur & Executive Vice President Marketing & Sales PT. Garuda Indonesia yang mengungkapkan, kondisi penjualan tiket Garuda Indonesia saat ini walau masih didominasi oleh transaksi konvensional, pihaknya justru tengah berupaya lebih untuk terus meningkatkan penjualan tiket via online.

“Kami akan genjot penjualan melalui e-commerce. Kami sadar setiap segmen pelanggan itu ada khasnya. Saya yakin ini tak akan menggerus pasar offline atau biro perjalanan,” ujar Erik seperti yang dikutip dari situs IndoTelko.

Implementasi awal dari rencana ini telah ditunaikannya bersama Tiket.com dan juga situs Traveloka yang juga menjalankan bisnis serupa dengan Tiket. Seperti yang kembali dikutip dari sumber yang sama, kontribusi online dalam penjualan tiket Garuda Indonesia masih berkisar di angka 11%-13%. Menggandeng kerja sama dengan banyak pihak ketiga jelas adalah salah satu caranya untuk meningkatkan angka tersebut.

Dari sisi internal, Erik menambahkan informasi bahwa saat ini, Garuda Indonesia tengah melakukan pengembangan besar dari sistem Customer Relationship Manager (CRM). Tujuannya agar Garuda dapat memiliki database profiling pelanggan yang tepat sasaran dan dapat menjangkau pasar yang sesuai.

Rencana serius Garuda Indonesia dalam memasuki platform e-commerce sebenarnya sudah tercium sejak lama. Jika masih ingat, pada pertengahan 2013 lalu, mantan Country Manager Multiply Indonesia yang juga menjabat sebagai Chairman Indonesian E-Commerce Association (idEA) Daniel Tumiwa, dipercaya untuk memegang posisi penting di Garuda Indonesia sebagai Vice President of E-Commerce.

Kala itu, pengangkatan Daniel Tumiwa di tengah-tengah momentum yang pas perihal bisnis online travel Indonesia tengah bertumbuh secara subur. Waktu itu ia juga sempat berkomentar bahwa kondisi pelanggan Garuda Indonesia menginginkan pengalaman lebih dalam hal reservasi tiket secara digital.

Selain memperkuat dari sisi internal, saat ini Garuda Indonesia juga telah memiliki infrastruktur yang kuat perihal tujuan utama membangun reservasi digital yang prima. Hal ini salah satunya ditunjukkan lewat produk aplikasi reservasi mobile Garuda Indonesia yang sudah tersedia di seluruh platform smartphone yakni iOS, Android, BlackBerry, dan Windows Phone.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter