Categories

Mobile

Gboard Kini Dapat Merekomendasikan Emoji, Sticker dan GIF Secara Otomatis dan Sesuai Konteks

Sementara baru berlaku untuk teks dalam bahasa Inggris saja

Glenn Kaonang - 13 November 2018

Dewasa ini, chatting tanpa disisipi emoji atau sticker mungkin bakal terasa kurang afdal. Bagi saya pribadi, bahkan sebatas merespon “iya” terkadang bisa terasa kurang ramah dibandingkan “iya” diikuti emoji senyum atau tertawa. Terkesan konyol memang, tapi seperti itulah kenyataannya.

Sticker itu penting. Lihat saja WhatsApp, yang belum lama ini akhirnya mengikuti jejak aplikasi chatting lain dengan meluncurkan fitur sticker. Namun di balik keceriaan yang bisa disuguhkan emoji dan sticker, terkadang saya juga merasa sedikit kesal ketika lawan bicara lama membalas hanya karena sibuk mencari emoji atau sticker yang tepat.

Rupanya Google menyadari akan problem konyol ini. Mereka baru saja merilis update untuk Gboard, yang memungkinkan aplikasi untuk menyuguhkan rekomendasi emoji, sticker maupun GIF secara otomatis dan sesuai dengan konteksnya.

Gboard emoji suggestions

Jadi selagi Anda mengetik seperti biasa, akan muncul tombol berlabel “GIF” di sebelah kiri suggestion bar. Klik tombol tersebut, maka Gboard akan menampilkan deretan emoji, sticker dan GIF yang sekiranya hendak Anda pakai. Semisal Anda mengetik “saya ngantuk”, maka rekomendasi emoji yang ditampilkan pun adalah emoji mengantuk.

Google bilang bahwa fitur ini memanfaatkan AI dalam eksekusinya, akan tetapi semuanya berjalan langsung di perangkat, tanpa terhubung ke server demi memastikan prosesnya cepat sekaligus untuk menjaga privasi pengguna.

Fitur ini sudah tersedia secara global, akan tetapi baru untuk teks dalam bahasa Inggris saja. Google memastikan ke depannya bakal ada dukungan untuk bahasa lain.

Sumber: Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter