Categories

Mobile

Gboard untuk iPhone Kini Dilengkapi Integrasi Google Maps dan YouTube

Pengguna bisa saling berbagi lokasi dan konten video tanpa perlu meninggalkan aplikasi chatting sama sekali

Glenn Kaonang - 1 August 2017

Google kembali meluncurkan update yang cukup menarik untuk aplikasi keyboard-nya di iPhone, Gboard. Versi terbaru Gboard (versi 1.8.0) kini dilengkapi integrasi Google Maps dan YouTube untuk mempermudah pengguna berbagi lokasi dan konten video dari berbagai aplikasi chatting.

Pengguna sekarang bisa memilih satu dari tiga tab yang berjejer di paling atas: “Search”, “YouTube” dan “Maps”. Pilih tab YouTube, maka Anda bisa melakukan pencarian video langsung dari keyboard, lalu membagikan tautannya ke lawan bicara Anda tanpa harus meninggalkan aplikasi chatting yang digunakan sama sekali.

Untuk Maps, Anda juga bisa melakukan pencarian beragam lokasi maupun lokasi Anda sendiri pada saat itu, lalu membagikan link-nya melalui aplikasi chatting apa saja, bahkan pada aplikasi yang tidak mendukung fitur berbagi lokasi sekalipun.

Terakhir, Gboard kini juga mengemas fitur Ink yang memungkinkan pengguna untuk menggambar langsung di atas keyboard dan mengirimkannya ke lawan bicara, sekali lagi tanpa perlu berpindah aplikasi, sama seperti ketika pengguna hendak berbagi GIF.

Kabar buruknya, lagi-lagi fitur-fitur baru ini baru tersedia di Gboard untuk iPhone saja. Saya yakin versi Android-nya juga bakal kebagian nanti – meski tidak ada yang tahu kapan – tapi kesannya aneh saja melihat Google lebih memprioritaskan versi iOS-nya terlebih dulu.

Sumber: Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter