Categories

Gadget

Gc Connect, Smartwatch Mewah Bergaya Analog dan Segala Kegunaannya

Terlepas dari fashion, apakah fungsi smartwatch hanya sebagai pelengkap smartphone?

Lukman Azis - 17 April 2018

Memasuki dunia smartwatch, sebuah jam tangan bukan hanya sekedar aksesori pendukung penampilan seseorang. Namun telah menjadi pendamping smartphone untuk memudahkan segala aktivitas penggunanya.

Bila sebelumnya pembuat jam tangan pintar didominasi oleh perusahaan teknologi, kini sudah banyak produsen jam tangan mewah yang ikut membuat jam tangan berbasis Wear OS by Google. Satu diantaranya Gc Watches - brand jam tangan terkemuka asal Swiss.

Gc Watches baru-baru ini telah meluncurkan smartwatch perdana mereka yang berbasis Android Wear 2.0 yakni seri Gc Connect ke pasar Indonesia. Tak seperti kebanyakan smartwatch lain yang tampil simpel dan minimalis, Gc Connect tetap konsisten menyuguhkan desain klasik ala jam tangan analog yang mewah dan glamor.

Uniknya mereka mengeluarkan desain berbeda untuk pria maupun wanita, serta bisa disesuaikan dengan berbagai gaya personal lewat strap dan dial atau tampilan jam.

"Ukuran layarnya sama, namun untuk pria memiliki area bezel yang lebih besar dengan diameter 44mm, sedangkan untuk wanita ialah 41mm. Selain itu, kami menyediakan warna dan material strap yang yang beragam, mulai dari ceramic, silicon, hingga leather. Cara menggantinya juga mudah, tinggal tekan untuk melepaskan strap dan dorong untuk memasang strap." Ujar Jordy Dharmawan, product expert PT GAP.

Fungsi Smartwatch Sebagai Pendamping Smartphone

Terlepas dari sebuah fashion, kegunaan smartwatch ialah untuk menampilkan berbagai notifikasi dari smartphone yang terhubung. Bahkan Anda tak perlu repot-repot membuka smartphone, karena Anda bisa membalasnya langsung dari smartwatch.

Gc Connect menyediakan beberapa metode untuk membalas pesan, baik itu melalui keyboard virtual dengan ukuran super imut, menggunakan suara, gesture, dan handwriting recognition. Kemudian ada Google Assistant, Anda bisa minta tolong apa saja pakai di Indonesia.

Tentu saja, Anda juga akan mendapat benefit fitur kebugaran, memonitor berbagai aktivitas, dan faktor kesehatan yang terintegrasi dengan Google Fit seperti untuk mengetahui sudah seberapa jauh langkah kaki yang dicapai, menghitung kalori yang terbakar lewat aplikasi, dan sebagainya. Bila kurang, Anda bisa mengunduh beragam aplikasi di Play Store.

Spesifikasi dan Harga Gc Connect

Mengenai spesifikasinya, smartwatch mewah dengan desain bulat ini berlayar AMOLED resolusi 390x390 piksel (326 ppi). Di dalamnya ada prosesor Qualcomm Snapdragon Wear 2100 dengan RAM 512MB, memori internal 4GB, konektivitas Bluetooth, dan WiFi.

Gc Connect tak dilengkapi LTE dan daya tahannya di klaim mampu bertahan 24 jam, namun untuk penggunaan aktif hanya bisa bertahan sekitar 5-7 jam. Untungnya proses pengisian mudah, dengan magnetik charging via POGO Pin dan hanya butuh kurang dari satu jam sudah penuh.

Sebagai produsen jam tangan mewah, harga yang ditawarkan Gc Connect memang lamayan tinggi. Gc Connect dibanderol dengan harga mulai Rp6 - Rp8 jutaan, tergantung material strap yang dipilih.

Verdict

Menurut saya, teknologi pada smartwatch masih jauh dari kata 'matang', fitur-fiturnya yang ditawarkan pun sangat terbatas. Hambatan besar lainnya ialah harganya yang masih terbilang masih sangat mahal. Teknologi dan harga belum bertemu, saat ini konsumen belum memiliki asalan yang kuat untuk memiliki smartwatch.

Kecuali bagi Anda yang menganggap bahwa jam tangan mewah merupakan salah satu aksesori penting dan wajib untuk mendukung penampilan. Maka Gc Connect dengan desain premium dan fungsi pintarnya sangat cocok untuk Anda. Meski mungkin Anda akan mengelukan daya tahan baterai smartwach yang cenderung lemah.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter