Categories

Home Appliance

GE Luncurkan Dua Bohlam Pintar Perdananya, GE C-Sleep dan C-Life

Glenn Kaonang - 30 October 2015

Sama seperti Philips, GE bukanlah pemain baru di dunia alat-alat listrik, khususnya komponen pencahayaan alias lampu. Namun di saat Philips sudah cukup lama menuai sukses lewat bohlam pintarnya yang bernama Hue, GE masih belum menunjukkan tanda-tanda rencananya untuk move on ke bidang smart light bulb ini.

Untungnya pendapat tersebut bisa terpatahkan mulai hari ini, dimana GE baru saja memperkenalkan sepasang bohlam pintar perdananya. Didapuk GE C-Sleep dan C-Life, keduanya akan dipasarkan melalui platforme-commerceC by GE yang juga merupakan debut buat GE.

Sebagai produk debutan, GE C-Sleep dan C-Life tidak ingin memaksakan seabrek fitur berkualitas pas-pasan. Sebaliknya, mereka justru ingin berfokus pada sedikit fitur, namun hasilnya bisa maksimal, dan pada akhirnya konsumen pun terpuaskan.

Kesederhanaan menjadi elemen kunci yang diusung duo bohlam pintar ini. Begitu sederhananya, C-Sleep dan C-Life memilih memanfaatkan konektivitas Bluetooth ketimbang Wi-Fi. Langkah ini dipilih supaya pengguna bisa langsung mengontrol pencahayaan di suatu ruangan lewat smartphone-nya tanpa harus melakukan instalasi hub khusus terlebih dulu.

Info menarik: Cuma $40, Philips Hue Wireless Dimming Kit Ajak Anda Cicipi Tren Smart Home

Sesuai namanya, C-Sleep secara spesifik dirancang untuk ditempatkan di kamar tidur. Ia dilengkapi fitur yang bisa mengenali ritme sirkadian. Pada dasarnya, pencahayaan akan berubah-ubah menyesuaikan dengan keadaan pada saat itu.

Di malam hari, C-Sleep akan memancarkan cahaya yang lembut dan terkesan hangat, meningkatkan produksi hormon melatonin dalam tubuh sehingga Anda bisa tidur lebih cepat. Lalu saat pagi hari datang, C-Sleep akan memancarkan cahaya yang terang untuk membantu mengurangi produksi melatonin sehingga Anda bisa lebih melek dan merasa enerjik.

Di sisi lain, C-Life malah jauh lebih sederhana lagi. Pancaran cahayanya cuma satu 'warna', akan tetapi masih bisa diatur tingkat kecerahannya, atau bahkan dijadwalkan untuk menyala atau mati secara otomatis. Meski kedua bohlam pintar ini mengandalkan Bluetooth, nyatanya pengguna masih bisa mengelompokkan beberapa bohlam sekaligus untuk dikontrol secara bersamaan.

Awal 2016 adalah jadwal pemasaran GE C-Sleep dan C-Life. C-Sleep dihargai $25, sedangkan C-Life $15. Nantinya GE juga bakal menawarkan bundle Starter Pack berisikan 2 bohlam C-Sleep dan 2 C-Life seharga $50. Soal ketahanannya, masing-masing diperkirakan bisa menyala hingga 20 tahun – berdasarkan 3 jam pemakaian tiap harinya.

Sumber: GE.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter