Categories

Gadget

Gelang Pintar InstaDreamer Memungkinkan Kita Mengendalikan Mimpi

InstaDreamer mengusung metode Pavlovian conditioning, sebuah prosedur pembelajaran dan pelatihan kebiasaan yang memanfaatkan stimulasi biologis.

Yoga Wisesa - 23 July 2018

Familierkah Anda dengan lucid dreaming? Lucid dream ialah jenis mimpi di mana Anda menyadari sedang bermimpi. Realisasi tersebut memberikan kita kemampuan buat mengendalikan elemen di sana, misalnya cerita, karakter serta latar belakang lokasi. Inilah alasan mengapa banyak orang tertarik untuk mengalami lucid dream, meski tak semua bisa mendapatkannya.

Khusus bagi Anda yang penasaran untuk merasakannya, satu tim asal Montreux, Swiss punya penawaran menarik. Mereka memperkenalkan InstaDreamer, yaitu perangkat wearable yang memungkinkan kita mengendalikan mimpi dan menghidupkan imajinasi. InstaDreamer mempunyai wujud berupa gelang. Pengoperasiannya sangat aman dan sama sekali tidak melibatkan injeksi ataupun zat kimia.

Basis teknologi dari InstaDreamer buat memicu lucid dream ialah metode Pavlovian conditioning, yaitu sebuah prosedur pembelajaran dan pelatihan kebiasaan tubuh yang memanfaatkan stimulasi biologis. Perangkat ini menggunakan getaran sebagai stimulasi sekaligus metode melatih otak agar kita bisa sadar sedang bermimpi. Dengan begitu, lucid dreaming dapat diperoleh.

Cara kerja InstaDreamer seperti ini: saat ‘gelang mimpi’ ini dikenakan, ia akan bergetar beberapa kali sehari untuk mengetahui apakah Anda sedang terjaga atau tidak. Selanjutnya, InstaDreamer segera mendeteksi saat kondisi tubuh Anda terlelap dan siap bermimpi. Melalui getaran, InstaDreamer mencoba menyadarkan pengguna bahwa mereka tengah bermimpi. Getarannya cukup lembut sehingga tidak membangunkan kita.

InstaDreamer 1

Teknik ini mungkin pernah diusung oleh perangkat serupa, namun mayoritas dari mereka mengandalkan suara dan cahaya. Menurut developer, kedua hal ini malah berpeluang menginterferensi tidur. Dengan stimulasi cahaya, tubuh Anda bisa jadi meresponsnya sebagai pemicu buat siap-siap bangun; lalu suara sendiri merupakan metode yang digunakan oleh mayoritas alarm.

InstaDreamer 2

Developer percaya, getaran adalah metode terbaik untuk mengakses alam bawah sadar. Dan hampir seluruh pengguna perangkat bergerak mengasosiasikan getaran dengan notifikasi, karena vibrasi dipakai buat menarik perhatian kita.

InstaDreamer 3

Mungkin Anda penasaran, seberapa efektif InstaDreamer dalam memicu lucid dream. Developer mengklaim bahwa lebih dari 70 persen tester unit purwarupa memperoleh lucid dreaming di periode tiga malam pertama sejak mereka mengenakannya. Perangkat ini juga berguna buat merekam fase mimpi, temperatur tubuh dan pose ketika tidur, serta membangunkan Anda di momen terbaik.

InstaDreamer sudah dapat dipesan sekarang melalui Kickstarter. Di situs crowdfunding ini, produk dijual seharga mulai dari 200 Swiss Franc atau sekitar US$ 201, dan siap dikirimkan ke seluruh wilayah di dunia pada bulan Februari 2019.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id