Gelang Pintar WellBe Bantu Atasi Stres dengan Pendekatan yang Unik

Melawan stres rupanya cukup ngetren di industri perangkat wearable. Sejauh ini, kita sudah menjumpai dua perangkat yang memang dirancang untuk membantu kita mengatasi stres: smartwatchEmvio dan cincin pintar V1bes.

Sebuah produk serupa kembali hadir lewat platform crowdfunding Indiegogo, kali ini dalam wujud gelang pintar. Namanya WellBe, dan ia menganut konsep yang mirip dengan Emvio, memanfaatkan denyut nadi untuk memahami seberapa stres penggunanya, ketimbang metode canggih dan super ilmiah yang ditawarkan oleh V1bes.

Di saat yang sama, WellBe juga mengusung pendekatan yang cukup menarik. Selain membaca laju jantung – lewat denyut nadi – selama tiga menit setiap jamnya, WellBe juga akan mencoba memahami seberapa streskah Anda berdasarkan waktu, lokasi dan manusia lain yang Anda temui.

Info menarik: Kenakan Olive dan Ucapkan Selamat Tinggal Pada Stres

Pendekatan semacam ini mengharuskan WellBe untuk bekerja bersama smartphone Anda. Jadi gampangnya, WellBe akan memonitor laju jantung Anda, kemudian aplikasi pendampingnya di smartphone akan mengakses informasi lokasi dan kalender yang ada, memahami di mana Anda sedang berada dan dengan siapa Anda bertemu.

Pengguna WellBe mungkin akan mengorbankan sedikit privasinya dengan memberikan akses ke informasi-informasi tersebut, akan tetapi data ini dibutuhkan guna memberikan analisis yang lebih akurat ketimbang hanya membaca fluktuasi laju jantung.

Ketika WellBe mendapati keseimbangan emosi Anda sedang tidak stabil, sebuah notifikasi akan dikirimkan ke smartphone Anda, memberikan saran supaya Anda bisa bersikap lebih tenang walaupun hanya sesaat.

Analisis secara lebih merinci bisa Anda telaah melalui aplikasinya. Di titik ini, WellBe akan memberikan rekomendasi program relaksasi yang diramu oleh Mentors Channel, yang meliputi meditasi, latihan teknik pernafasan, berimajinasi maupun program lain yang disesuaikan dengan seberapa efektif dampaknya pada kestabilan emosi Anda.

Info menarik: Menjadi Pegawai yang Selalu Berjiwa Sehat Berkat Orrb Pod, Bilik Digital Pemusnah Stres

Dari segi fisik, WellBe dirancang seelegan mungkin. Kayu oak, seperti yang biasa dijadikan penyumbat botol, membentuk konstruksi WellBe. Pihak pengembangnya mengklaim material ini dapat memberikan tekstur yang nyaman di kulit pergelangan tangan.

WellBe tidak memiliki layar. Sedikit aksen logam di tubuhnya terbuat dari stainless steel guna memantapkan kekokohannya. Anda bisa memilih dua varian: satu dengan simbol “Flow”, dan satu lagi tanpa simbol. WellBe tersedia dalam tiga pilihan warna: hitam, coklat tua dan natural.

Jika Anda tertarik dengan pendekatan yang ditawarkan WellBe dalam mengatasi stres, Anda bisa memesannya seharga $119 di Indiegogo. Harga retail-nya akan naik menjadi $169 saat kampanyenya sudah berakhir nanti.