Categories

Gadget

Gelar FanFest, realme Luncurkan Smartphone dan Produk AIoT

Memperkenalkan Smartphone, tas, tv, koper, dan earphone

Dimas Galih W. - 27 August 2020

Realme kembali menggelar realme FanFest, sebuah acara yang memberikan segala penawaran untuk para realme Fans. Pada acara kali ini, realme pun memperkenalkan beberapa perangkat yang bisa dimiliki oleh para fans-nya hingga akhir bulan Agustus 2020. Apa saja yang diperkenalkan oleh realme kali ini?

Yang pertama adalah sebuah smartphone terbaru yang memiliki nama realme X50 Pro 5G. Perangkat yang satu ini adalah yang pertama dari realme yang menggunakan SoC Snapdragon 865 terbaru yang sudah mendukung konektivitas 5G. Perangkat ini sudah menggunakan RAM besar 12 GB serta internal 256 GB. Dengan baterai 4200 mAh, realme X50 Pro mendukung pengisian cepat dengan nama SuperDart Flash Charge 65 watt yang bisa mengisi baterai sampai penuh hanya dalam waktu 35 menit.

Kamera utama yang digunakan pada perangkat ini masih sama dengan generasi sebelumnya, yaitu ISOCELL GW1 dengan resolusi 64 MP. Yang membedakan adalah kamera utama di bagian depannya yang menggunakan sensor Sony IMX 616 32 MP. Untuk layarnya, realme X50 Pro 5G mendukung refresh rate 90Hz dengan sampling rate 180Hz yang mendukung HDR10+, color gamut DCI-P3 100% dan memiliki kecerahan maksimum 1000nits dan rasio kontras maksimal 2000000:1.

Perangkat kedua yang diperkenalkan adalah realme Smart TV yang hadir dengan dua ukuran, yakni 43 inci dan 32 inci dengan resolusi 1366*768 untuk 32″ (80cm) dan 1920*1080 untuk 43″ (108cm). Untuk yang berdimensi 43 inci, Anda bisa langsung membaca reviewnya pada tautan ini.

Peluncuran TV yang satu ini memang sejalan dengan strategi AIoT dari realme yaitu 1+4+N yang merupakan sebuah ekosistem yang nantinya akan bisa berhubungan antara satu perangkat realme dengan perangkat realme lainnya. 1 core sebagai smartphone yang menjadi inti dari produk realme, sekaligus menjadi pusat utama ekosistem realme AIoT. Basis kedua adalah 4 Smart Hub dengan ide untuk menciptakan pengalaman yang komprehensif dari realme AIoT yang dibagi menjadi 4 sub-kategori – Smart TV, Smart Earphone, Smart Watch dan Smart Speaker. Sementara ‘N’ adalah berbagai macam aksesoris pendukung teknologi.

Produk AIoT lainnya yang diluncurkan realme kali ini memang cukup mengejutkan. Realme saat ini memperkenalkan realme Adventurer Backpack yaitu sebuah tas ransel yang memiliki dimensi cukup besar. Ransel ini hadir dengan IPX4 water resistance, kapasitas 32L, anti-theft, dan desain klasik.

Untuk yang gemar traveling, realme juga memiliki sebuah solusi. Realme memperkenalkan Adventurer Luggage yang memiliki desain FlexiCube, kapasitas 36L, TSA certified lock, dan roda yang dapat diputar 360°.

Terakhir, realme memperkenalkan sebuah earphone baru. Realme Buds Classic adalah namanya. Earphone ini memiliki driver bass 14,2mm, mikrofon HD, control button, dan cable organizer.

Hal yang cukup mengejutkan adalah harga dari realme X50 Pro yang mencapai Rp. 11.999.000. Untuk realme Smart TV dijual dengan harga Rp 2.099.000 untuk 32″ dan Rp 3.299.000 untuk 43″. Realme Adventurer Backpack ada pada harga Rp. 399.000 dan Luggage pada Rp. 899.000. Terakhir, realme Buds Classic dijual pada harga Rp. 119.000.

Apakah Jaringan 5G dikunci?

Realme kali ini memasarkan sebuah smartphone yang sudah diperkenalkan kepada para wartawan pada bulan Maret 2020 yang lalu. Tampil memukau, realme X50 Pro menggunakan semua spesifikasi tertinggi yang ada pada sebuah perangkat Android pada saat ini. Namun, kata 5G pada namanya menimbulkan pertanyaan, apakah dikunci atau tidak?

Krisva Angnieszca selaku Manajer Public Relation realme Indonesia pun langsung menjawab pertanyaan yang saya ajukan itu dengan mantap, “Tidak”. Alasannya adalah 5G masih di lock karena di Indonesia frekuensinya belum ada. Melalui realme X50 Pro, realme ingin menyampaikan bahwa mereka siap menyambut era 5G di Indonesia.

Hal ini tentu saja membuat perangkat ini juga tidak bisa dipakai jaringan 5G-nya pada negara yang sudah menggelar jaringan tersebut. Mereka pun akan membuka jaringan 5G tersebut melalui OTA saat Indonesia sudah menggelarnya.

Ransel dan Koper masuk kategori AIoT?

Realme kali ini juga memperkenalkan realme Adventurer Backpack dan Adventurer Luggage dalam kategori AIoT. Namun, AIoT sendiri adalah AI dan Internet of Things. Apa yang membuat mereka masuk dalam kategori tersebut?

Krisva pun menjawab, “Jika melihat strategi realme yang telah kami umumkan sebelumnya yakni, 1+4+N. Kami mengeluarkan koper dan backpack dari kategori N, untuk memberikan produk yang dapat mencakup lifestyle teknologi sehingga memberikan pengalaman lifestyle baru di ekosistem.”

Kedua produk yang masuk dalam kategori N ini tidak memiliki garansi. Namun jika ada kerusakan, realme menyarankan untuk langsung membawa ke pusat servis mereka. Hal ini berarti jika roda dari koper yang ada rusak di perjalanan, realme masih memiliki gantinya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter