Gadget

Generasi Kedua Laptop 2-in-1 Eve V Siap Meluncur Tahun Depan

Kini dengan layar yang lebih besar dan prosesor Intel generasi ke-11

Dirilis di tahun 2017, Eve V merupakan alternatif terhadap Surface Pro yang sangat menarik. Ia sangat kompetitif dari segi harga dan spesifikasi, dan proses pengembangannya pun menarik karena melibatkan komunitas pengguna secara langsung.

Menyambut tahun 2021 nanti, pengembangnya sudah menyiapkan Eve V generasi kedua yang telah disempurnakan. Sepintas desainnya memang nyaris tidak berubah, namun itu juga bukanlah hal buruk mengingat fisik Eve V generasi pertama sudah tergolong premium sekaligus elegan.

Kendati demikian, Eve V edisi 2021 ini masih membawa perubahan fisik yang cukup signifikan. Ukuran layarnya kini bertambah besar – 13,4 inci dibanding 12,3 inci – dan resolusinya pun ikut meningkat menjadi 3840 x 2400 pixel. Seperti yang bisa kita lihat dari resolusinya, aspect ratio panel IGZO LCD-nya ini berubah menjadi 16:10 mengikuti tren terkini, dan pengembangnya tak lupa menyertakan kaca Gorilla Glass Victus pada lapisan terluarnya.

Jeroannya pun juga sudah ikut disempurnakan, apalagi mengingat Intel memang baru meluncurkan prosesor laptop generasi ke-11 (Tiger Lake). Dua prosesor yang tersedia buat Eve V 2021 adalah Core i5-1135G7 dan Core i7-1165G7, masing-masing dengan GPU terintegrasi Intel Iris Xe.

Melengkapi spesifikasinya adalah pilihan RAM LPDDR4X berkapasitas 16 GB atau 32 GB, serta SSD tipe NVMe sebesar 512 GB atau 1 TB. Baterai yang tertanam tercatat mempunyai total daya sebesar 41,3 Wh.

Beralih ke samping kiri dan kanan perangkat, kita bakal menjumpai dua port Thunderbolt 4 (USB-C), satu port USB-C 3.2, slot microSD dan nano SIM, serta jack headphone 3,5 mm standar. Berbeda dari generasi pertamanya, Eve V 2021 tak lagi dibekali port USB standar.

Kalau semuanya berjalan sesuai rencana, Eve V 2021 bakal dipasarkan mulai kuartal ketiga tahun depan, dengan banderol mulai $1.399. Konfigurasi termahalnya, yang mengemas prosesor Core i7, RAM 32 GB, SSD 1 TB dan dukungan jaringan LTE dihargai $1.999. Kalau dibandingkan dengan generasi pertamanya, harganya memang bertambah mahal cukup drastis.

Sumber: Engadget.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter