Gen.G Terima Pendanaan Senilai US$46 Juta dari Sejumlah Investor Silicon Valley

Gen.G akan menggunakan investasi ini untuk mendorong program-program pengembangan akademi.

Organisasi esports asal Korea Selatan, Gen.G, baru-baru ini mengumumkan pendanaan dari sejumlah investor ternama dunia. Jumlah dana yang dikucurkan itu pun cukup besar, mencapai US$46 juta atau sekitar Rp648,5 miliar. Menurut keterangan di situs resmi Gen.G, nama-nama yang terlibat dalam investasi ini antara lain Dennis Wong (pemilik klub basket LA Clippers), Will Smith (aktor papan atas Hollywood), Keisuke Honda (bintang sepak bola Jepang), Michael Zeisser (mantan Chairman of US Investments di Alibaba Group), serta David Rogier (co-founder MasterClass).

Will Smith dan Keisuke Honda sendiri merupakan pendiri dari perusahaan venture capital bernama Dreamers Fund yang berdiri sejak 2018 lalu, dan turut berpartisipasi dalam pendanaan ini. Peran keduanya di Gen.G nantinya tidak hanya sebagai pemilik modal, tapi juga masuk dalam jabatan Player Management Advisor bersama dengan mantan pemain NBA Chris Bosh. Mereka akan menjadi penasehat dalam urusan kreatif serta komersial, termasuk pengembangan brand Gen.G serta kegiatan para kreator konten.

Will Smith adalah pendiri Dreamers Fund bersama Keisuke Honda | Sumber: Variety

“Saya gembira melihat Dreamers Fund, badan pendanaan yang saya luncurkan bersama Will Smith, sekarang berinvestasi di Gen.G,” kata Keisuke Honda di situs resmi Gen.G. “Esports masih belum besar di Jepang, tapi kami melihat pertumbuhan luar biasa di sana maupun secara global, yang mana itu sangat positif. Kami memutuskan berinvestasi di Gen.G karena mereka memiliki tim hebat dan visi besar untuk menjadi pemimpin di bidang ini. Kami sungguh tak sabar bekerja bersama Gen.G untuk mendorong industri esports di seluruh dunia.”

Selain nama-nama di atas, pendanaan Gen.G juga diikuti oleh Silicon Valley Bank, yang sekaligus mengambil posisi sebagai banking partner Gen.G. Beberapa lembaga lain yang terlibat mencakup Stanford University, New Enterprise Associates (NEA), Conductive Ventures, Battery Ventures, dan Canaan Partners. Menurut Gen.G, Silicon Valley Bank punya peran besar dalam menggolkan pendanaan ini.

Gen.G tidak mengumumkan terlalu detail tentang isi kerja sama mereka. Namun beberapa program yang telah pasti adalah mereka akan menggunakan dana tersebut untuk meluncurkan program akademi pemain muda, mendirikan markas tim di Los Angeles, serta melakukan ekspansi ke cabang-cabang esports atau wilayah kompetisi baru. Markas baru tersebut rencananya akan dibuka pada musim panas tahun ini, sekitar bulan Juli 2019.

Seoul Dynasty, tim OWL di bawah Gen.G | Sumber: Seoul Dynasty

Gen.G (dulunya dikenal juga dengan nama KSV Esports) merupakan organisasi besar dengan kiprah besar di berbagai cabang esports berbeda. Selain tim League of Legends yang turut berlaga di League of Legends Championship Korea (LCK), Gen.G juga membawahi tim Overwatch League yaitu Seoul Dynasty.

Gen.G juga telah menjuarai kompetisi tingkat dunia di cabang Heroes of the Storm dan PUBG, meluncurkan tim Fortnite beranggota sepenuhnya perempuan, juga mengakuisisi tim Clash Royale, Call of Duty, serta Apex Legends dari berbagai negara. Hingga tahun 2020, Gen.G akan lebih fokus dalam program-program akademi, dan investasi ini memungkinkan mereka untuk menjalankan rencana itu dengan lebih mantap.

Sumber: Gen.G, The Esports Observer