24 June 2014

by Yoga Wisesa

Genius G-Shot 510, Kamera Digital Anti-Air Berlayar Ganda Dengan Harga Ekonomis

Saat berpikir tentang kamera digital dengan kemampuan anti-air, beberapa hal langsung muncul di benak kita: performa dan hasil yang pas-pasan, harga yang tak sebanding dan fitur yang sempit. Walaupun terkenal sebagai produsen periferal dan aksesori komputer, fotografi bukanlah bidang baru bagi Genius. Dengan sebuah produk baru, mereka mencoba menghilangkan paradigma itu.

Genius mengenalkan G-Shot 510, sebuah kamera digital berpanel ganda dengan kemampuan tahan air. Penyajian dua layar - masing-masing berukuran 2,7-inci di bagian belakang dan 1,8-inci di depan - memungkinkan Anda menggunakan G-Shot 510 untuk mengabadikan momen dengan teknik biasa ataupun menggunakannya untuk mengambil foto selfie.

Dengan tingkat proteksi IPX8, itu berarti G-Shot 510 dapat merekam gambar di bawah air hingga kedalaman tiga meter selama 30 menit. Anda bisa membawanya saat berenang di kolam, bermain-main di pantai, ber-surfing, hingga snorkling - walaupun Anda tetap membutuhkan kamera (atau casing) khusus jika ingin membawanya menyelam.

Ukurannya juga cukup mungil, dengan dimensi 97,6x63x23,2 milimeter dan bobot 103 gram. Berbeda dari kamera poket kebanyakan yang memanfaatkan baterai rechargeable khusus, G-Shot 510 membutuhkan dua buah baterai Alkaline dengan ukuran AAA.

 

Info menarik: Dengan Kamera Lytro Illium, Anda Bisa Mengatur Fokus Bahkan Setelah Foto Diabadikan

 

Bagian sensornya sendiri cukup canggih, ia dibekali sensor 16-megapixel dengan software interpolasi. Tapi karena sang produsen tetap ingin menjaga agar tidak ada air yang masuk, maka kamera ini tidak memiliki fitur optical zoom, hanya dibekali digital zoom sebesar 4x. Sebagai media penyimpanan, G-Shot 510 mendukung kartu MicroSD dengan kapasitas hingga 32 gigabyte.

Setelah melakukan sedikit riset di situs resmi mereka, tampaknya G-Shot 510 merupakan kamera poket dengan spesifikasi tertinggi yang Genius miliki. Produk kamera poket lain seperti V1200, G-Shot 12.0MP dan G-Shot 1400 hanya dibekali sensor 12- hingga 14-megapixel. Menariknya, G-Shot 510 bukanlah kamera anti-air pertama buatan Genius. Sebelumnya mereka telah mengenalkan G-Shot D508, dengan sensor 5-MP dan sertifikasi IPX8 yang sama.

Saya penasaran, dengan teknologi yang lebih anyar, apakah sang produsen asal Taiwan ini juga tak lupa telah membekali berbagai macam fitur-fitur fotografi seperti deteksi wajah dan senyum hingga mode transform yang telah hadir di D508?

 

Info menarik: 360cam, Kamera Full-HD Dengan Jangkauan 360° Pertama di Dunia

 

Sebelumnya konsumen sudah disajikan berbagai macam kamera poket anti-air yang tahan banting, seperti contohnya Panasonic FT5, Sony Cyber-Shot TX30, Nikon Coolpix AW110, Olympus TG-2, Fuji XP200, Canon PowerShot D20 hingga Pentax WG3. Sayangnya tidak ada di antara nama-nama tersebut yang ditawarkan dengan harga kurang dari US$ 300, bahkan beberapa dibanderol dengan harga mencapai US$ 500.

Menariknya, Genius G-Shot 510 dijual dengan harga yang akan membuat Anda takjub, hanya US$ 89. Dan berita terbaiknya adalah, Genius mengkonfirmasi bahwa G-Shot telah tersedia di Indonesia.