Genjot Sektor Pendidikan, Microsoft Perkenalkan Laptop Windows 10 Murah dan Tool Office 365 Baru untuk Siswa

Genjot Sektor Pendidikan, Microsoft Perkenalkan Laptop Windows 10 Murah dan Tool Office 365 Baru untuk Siswa

Lenovo jadi salah satu rekanan Microsoft, laptop termurah dijual seharga $189
Ilustrasi ruang Sekolah
Ilustrasi ruang Sekolah

Keseriusan Microsoft menggarap segmen pendidikan kembali ditunjukkan baru-baru ini. Perusahaan yang dikenal sebagai raksasa piranti lunak itu mengumumkan sejumlah hal penting, di antaranya kehadiran perangkat Windows 10 murah baru serta sejumlah tool Office 365 yang dirancang untuk para siswa dan guru.

Di luar Amerika Serikat, perangkat berbasis Windows masih kokoh mendominasi termasuk di platform pendidikan. Tapi di dalam negeri AS, situasinya berbeda. Di sana, berdasarkan data
Futuresource Chrome OS terus menebar ancaman dan perlahan mulai menggerogoti pangsa pasar Microsoft khususnya di pasar institusi. Untuk itulah di tahun 2018 ini Microsoft bersama pabrikan rekanan menawarkan perangkat yang tak kalah murah. Kita tahu Chrome OS sejak awal dikemas dengan paket harga yang menggiurkan. Dan Microsoft rupanya ingin bermain dengan strategi yang sama.

Lenovo 100e

Saat ini mereka punya seri Lenovo 100e Celeron Apollo Lake yang dijual hanya $189, kemudian ada Lenovo 300e 2-in-1 yang sedikit lebih mahal, yakni $299 tapi model ini sudah mendukung pemakaian stylus atau pen. Lalu ada JP Classmate Leap T303 juga dijual seharga $189, dan JP Trigono V401 seharga $299, juga dengan konsep 2-in-1 dan mendukung pen serta input sentuhan. Keempat laptop ini diracik khusus untuk para siswa, tahan rembesan air, tangguh untuk menerima perlakuan siswa yang terkadang kurang hati-hati,  dan menjanjikan daya tahan baterai lebih lama.

Tool-tool Baru di Office 365 for Education

Juga termasuk dalam paket penjualan perangkat di atas, Microsoft menyematkan kemampuan baru di Office 365 for Education. Kita mulai dari fitur Dictation yang disebut akan membantu siswa menulis menggunakan suara. Fitur Dictation akan tersemat di semua aplikasi office, mulai dari Word, Word Online, PowerPoint, Outlook  hinga OneNote. Dukungannya bahkan mencakup 9 bahasa internasional.

Berlanjut, Microsoft secara perlahan juga menjanjikan tambahan dukungan bahasa setidaknya 10 jenis bahasa baru untuk Immersive Reader. Cakupannya bahkan diperluas untuk berbagai platform, seperti Word untuk Mac, Android dan juga iPhone.

Aplikasi Microsoft Teams juga bakal diperkaya dengan fitur yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Beberapa fitur yang bakal disematkan, antara lain dukungan Assignment untuk Android dan iOS, On-demand Translation, Assignment Analytics, Join Codes, Templates dan Decimal Grading untuk membantu guru agar lebih presisi.

Melihat apa yang ditawarkan oleh Microsoft secara utuh, tampak sangat jelas perusahaan yang digawangi oleh Satya Nadella ini tak mau menyerah begitu saja dengan agresi Google di sektor pendidikan. Ini baru sebagian dari seluruh amunisi yang mereka punyai, dan Microsoft punya posisi yang lebih menguntungkan mengingat mereka memiliki ekosistem baik piranti lunak maupun keras yang sudah solid dibandingkan apa yang dimiliki oleh Google. Hanya tinggal bagaimana mereka meracik resep-resep itu menjadi satu suguhan yang menarik bagi konsumen.

Sumber berita Windows.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Misc
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…