16 July 2018

by Glenn Kaonang

Genki Hadirkan Dukungan Headphone Bluetooth pada Nintendo Switch

Cukup tancapkan perangkat kecil ini ke port USB-C milik Switch, maka Anda siap menyambungkan hingga dua headphone atau earphone Bluetooth sekaligus

Sebagus-bagusnya Nintendo Switch, ia jelas tak luput dari kekurangan. Salah satu yang kedengarannya sepele tapi sangat mengganggu adalah tidak adanya dukungan atas headphone maupun earphone Bluetooth. Agak ironis, mengingat Switch sangatlah ideal dibawa bepergian.

Beruntung ada startup seperti Human Things yang memikirkan solusinya. Mereka mengembangkan sebuah adaptor Bluetooth khusus untuk Switch sehingga konsumen dapat menikmati sesi bermainnya selagi mendengarkan audionya dari headphone atau earphone Bluetooth, bahkan termasuk yang tipe truly-wireless macam Apple AirPods.

Adaptor bernama Genki ini dimensinya amat ringkas, dan ia menyambung ke Switch secara elegan via USB-C. Ada sentuhan detail yang cukup menarik, yakni tombol untuk mengaktifkan koneksi Bluetooth yang berwarna biru muda dan merah di sisi kiri dan kanan, yang tampak senada dengan warna controller Joy-Con.

Lho, tombol Bluetooth-nya ada dua? Ya benar, berkat Genki, pengguna bisa menyambungkan dua headphone sekaligus ke Switch, sangat berguna apabila Anda sedang bermain bersama seseorang. Headphone atau earphone (atau malah speaker) yang kompatibel pun sangat beragam mengingat Genki telah menggunakan konektivitas Bluetooth 5.

Genki pada dasarnya bisa dianggap sebagai aksesori wajib bagi konsumen Switch yang memiliki headphone atau earphone Bluetooth. Ia juga tak akan merepotkan; Anda sama sekali tidak perlu mengisi ulang baterainya, dan ia juga tak akan menguras baterai Switch dengan cepat ketika tersambung.

Bagi yang tertarik, Genki saat ini dapat dipesan melalui situs crowdfunding Kickstarter dengan harga paling murah $39. Harganya tidak kelewat mahal untuk layak disebut sebagai aksesori wajib.