Categories

Berita

Gerakan Nasional Menciptakan 1.000 Startup Dimulai

Mencari para misfits untuk mewujudkan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia dan menciptakan 1.000 perusahaan baru dengan valuasi $ 10 miliar

Adjie Priambada - 18 June 2016

Gerakan Nasional 1.000 startup yang selalu digaungkan oleh pemerintah sejak kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sillicon Valley, hari ini (17/6) resmi dimulai. Gong yang ditabuh di Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadi tanda dimulainya langkah awal pemerintah untuk menciptakan 1.000 perusahaan rintisan baru dengan total valuasi bisnis senilai $ 10 miliar hingga tahun 2020.

Gerakan Nasional 1.000 startup adalah gerakan yang diinisiasi oleh KIBAR dan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menciptakan 1.000 perusahaan baru dengan total valuasi senilai $ 10 miliar. Gerakan ini akan menjadi langkah awal dalam mentransformasi Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia dan menjadi negara maju dengan anak muda sebagai motor penggeraknya.

“Semua ini adalah manifestasi semangat gotong royong di era digital. Seluruh unsur masyarakat mulai dari pelaku startup, kreator, komunitas, akademisi, media, dan pemerintah, bergerak bersama mengembangkan ekosistem dan mendorong terciptanya generasi baru […]  hingga menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia,” tutur Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Strategi yang dijalankan untuk mewujudkan mimpi ini yakni dengan mentoring dan pembinaan intensif melalui tahapan-tahapan sistematis di 10 kota pertama yang memiliki infrastruktur dan fondasi digital yang kuat. Peta jalannya akan dimulai dengan lima langkah, yakni Ignition, Workshop, Hackathon, Bootcamp, dan diakhiri dengan Incubation.

Tahap Ignition akan dimulai dengan seminar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship yang menargetkan 4.000 peserta setiap tahunnya. Kemudian, peserta akan dijaring kembali menjadi 2.000 peserta untuk maju ke tahap Workshop.

Di tahap Workshop ini peserta akan diberikan pembekalan keahlian yang dibutuhkan dalam membuat startup digital. Dari sini akan dijaring 1.000 peserta yang layak masuk ke tahap Hackathon untuk menghasilkan prototipe produk dan solusi ide.

Setelah itu, 500 peserta akan dijaring kembali untuk memasuki tahap Bootcamp yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Terakhir, 200 peserta terpilih akan diinkubasi selama kurang lebih tiga bulan di setiap kota per tahun, sehingga diharapkan dalam lima tahun akan tercipta 1.000 startup digital.

Di tahap awalnya ini Gerakan Nasional 1.000 startup akan digelar di 10 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan Bali, Makassar, dan Pontianak. Masing-masing kota nantinya akan didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya. Pusat inovasi tersebut juga menyediakan co-working space untuk memfasilitasi pelaku dan kreator lokal berkolaborasi dan menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter