5 January 2016

by Yoga Wisesa

Gerbang Pre-Order Oculus Rift Segera Dibuka Besok, Harganya Masih Misterius

Sang co-founder juga berencana membuka sesi Ask Me Anything di Reddit, memberi kesempatan buat Anda untuk bertanya-tanya.

Proses distribusi Oculus Rift versi final ke para developer yang dilakukan pada bulan Desember lalu menandai babak baru di ranah head-mounted display VR. Oculus VR telah mengonfirmasi bahwa peluncuran akan dilaksanakan di triwulan pertama tahun 2016, kemudian co-founder Palmer Luckey turut mengungkap kabar, masa pre-order segera dimulai setelah tahun baru.

Sesuai janji sang inventor, tim Oculus mengeluarkan pengumuman di blog resmi, menyatakan bahwa gerbang pemesan Oculus Rift segera dibuka pada jam 8:00 pagi tanggal 6 Januari 2016 Waktu Pasifik di websiteOculus.com. Jika dikonversi ke WIB, waktu menunjukkan pukul 23:00 di tanggal yang sama. Menariknya, Oculus VR sama sekali belum memberi info soal harga, namun berjanji akan sharing segala hal krusial di hari Rabu besok.

Besar kemungkinan versi retail Oculus Rift akan dipamerkan pada pengunjung Consumer Electronics Show 2016 yang dilaksanakan di minggu ini di Las Vegas. Tapi jika kebetulan berhalangan hadir, Luckey juga mempunyai agenda untuk membuka sesi Ask Me Anything di Reddit jam 18:00 tanggal 6 Januari (7 Januari pukul 09:00 pagi WIB).

Seperti berita yang dipublikasi beberapa waktu lalu, Oculus VR tampaknya memerlukan tambahan waktu buat menyempurnakan Oculus Touch. Akibatnya, periferal tidak jadi diluncurkan berbarengan dengan headset (dan ada peluang besar dijual terpisah sebagai aksesori pelengkap). Tapi setidaknya, paket penjualan Rift tetap dibundel bersama controller Xbox One.

Di sisi konten, siapapun yang melakukan pre-order, mereka berhak mendapatkan game EVE: Valkyrie dan Lucky's Tale secara cuma-cuma. Valkyrie adalah spin-off dari permainan MMO EVE Online, menyuguhkan pertempuran pesawat-pesawat ruang angkasa di zona nol gravitasi. Lucky's Tale sendiri merupakan game platformer lucu untuk keluarga, dispesialiasikan ke device virtual reality, membawa pemain bertualang sebagai rubah bernama Lucky.

Namun sebelum kita menenggelamkan diri dalam euforia VR, satu hal krusial perlu diingat: agar Oculus Rift bekerja optimal, sistem Anda harus didukung hardware-hardware papan atas. Dan Nvidia mengingatkan mayoritas PC belum sanggup menanganinya. Dilaporkan oleh Bloomberg, Nvidia memprediksi hanya ada 13 juta komputer di tahun 2016 yang mampu mendukung perangkat VR.

Bukannya angka tersebut cukup banyak? Tidak juga. Komposisi sistem itu masuk dalam kategori ultra-high-end, jumlahnya kurang dari 1 persen dari total 1,43 miliar PC yang diperkirakan akan digunakan secara global di 2016. Para analis IHS mengestimasi, di akhir tahun ini, pembelian head-mounted display VR berpotensi mencapai tujuh juta unit.

Daftar kebutuhan hardware Rift dapat Anda lihat di tautan ini.