1. Startup

GfK: Android Dominasi Penjualan Smartphone di Indonesia dan Asia Tenggara Kuartal Pertama 2013

Lembaga riset pasar GfK merilis perhitungannya untuk penjualan smartphone di Asia Tenggara sepanjang periode Januari-Maret 2013 (Kuartal Pertama/Q1). Menurut perhitungan GfK, seperti dikutip dari CNET Asia, dari 12,8 juta smartphone yang terjual di semua negara Asia Tenggara, 8,8 juta di antaranya (69%) merupakan smartphone Android. Di Indonesia, penjualan Android juga mendominasi dengan angka 51% dari total keseluruhan smartphone.

Persentase antara penjualan smartphone Android dan non-Android di Indonesia masih cukup seimbang jika dibandingkan negara lainnya. Di negara-negara Asia Tenggara yang lain, penjualan smartphone Android melambung hingga di atas 70% dari total keseluruhan penjualan smartphone. Dari sekitar 4,5 juta smartphone yang terjual di Indonesia sepanjang Q1 2013, 2.285 juta di antaranya merupakan smartphone Android.

Tidak dijelaskan pembagian porsi smartphone non-Android yang terjual, tapi diperkirakan penjualan BlackBerry di Indonesia masih berada di kisaran angka yang cukup baik.

Secara total mungkin kepemilikan BlackBerry di Indonesia masih lebih besar ketimbang Android. Dengan tren Android yang seperti ini, bisa jadi hegemoni BlackBerry akan disalip oleh Android dalam waktu tidak lama lagi, apalagi jika platform BlackBerry 10 belum berhasil kembali mengambil hati masyarakat yang sudah terlanjur beralih ke smartphone dengan logo robot hijau.

Tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone low-end Android dengan harga di bawah $200 (atau bahkan $100) merupakan faktor penting yang membantu meningkatkan tingkat penjualan. Pembuat smartphone asal Korea Samsung dengan mudah diperkirakan menjadi kampiun untuk penjualan Android di kawasan ini.

Tengah tahun ini dominasi Android untuk pasar smartphone low end akan mulai diuji dengan peluncuran Nokia Asha yang menggunakan platform baru dan fokus untuk pasar yang sama. Kemenangan di segmen ini bakal menjadi kunci penguasaan pangsa pasar smartphone di kawasan Asia Tenggara.

[tabel GfK: Aloysius Low/CNET Asia]

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC '13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung's mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again