25 March 2014

by Yoga Wisesa

Giada Luncurkan Mini PC i56 yang Gesit Tapi Ramah Lingkungan

Berpartisipasinya nama-nama besar seperti Intel (dengan NUC) dan Apple (Mac mini) dalam persaingan PC minimalis turut memercik semangat produsen hardware dunia untuk berkecimpung dalam lini tersebut. Kali ini produsen hardware asal China, Giada, mengumumkan Mini PC i56 sebagai penerus sang pendahulu i53.

Giada Mini PC i56 adalah komputer berukuran kecil yang serbaguna - silakan bandingkan dengan novel-novel tulisan Dan Brown, i56 jauh lebih tipis. Produk ini ditujukan untuk fungsi multimedia dengan target pengguna rumahan, kantor dan juga bisnis. Pengguna dapat menaruhnya secara tegak maupun horisontal. Bukan hanya bisa diletakkan dimana saja, Anda dapat membawanya kemana saja.

Merancang mini PC membutuhkan pengetahuan komprehensif tentang pemanfaatan hardware yang optimal tanpa boleh berkompromi soal performa. Untungnya komponen dan hardware saat ini sangat mendukung para produsen. Mini PC i56 menggunakan jeroan sekelas notebook mainstream yang ada sekarang.

 

Info menarik: Kantor Facebook di Jakarta Akan Ada di Pacific Place Mall

 

Mini PC ini didukung oleh prosesor Intel Generasi ke 4 Core i3/i5 dengan mikro arsitektur Haswell U, yang memberikan kecepatan 13% lebih tinggi dari pendahulunya yang masih menggunakan CPU Intel berarsitektur Ivy Bridge. Dengan begitu ia juga sangat rendah dalam pemakaian daya listrik.

Untuk dapur pacu grafis, PC ini dipersenjatai oleh HD Graphics 4400 terintegrasi yang mendukung DirectX 11. Walaupun memang tidak ditujukan untuk menjalankan game-game 3D terbaru, produk ini lebih dari cukup untuk menangani video full-HD. Bahkan dari press release yang saya dapatkan, Giada mengklaim bahwa i56 dapat menyuguhkan film beresolusi Ultra HD 4K 4096x2160 pixel melalui port HDMI 1,4b pada layar HDTV.

Untuk memori sendiri Mini PC i56 memiliki RAM DDR3 sebesar 4GB dan dilengkapi dengan sistem penyimpanan hard disk 2,5-inci - unit yang sama yang digunakan notebook - berkapasitas 500GB. Sangat cukup untuk menyimpan data-data bisnis dan pekerjaan.

Tapi jika memang benar mini PC ini juga ditujukan sebagai medium video-video beresolusi tinggi, maka Anda membutuhkan penyimpanan eksternal tambahan dalam waktu singkat.

Untuk mendukung hobi para penikmat film, i56 mendukung DVD drive, Blu-Ray USB external player dan sistem audio 5.1. Dari segi konektivitas, Mini PC i56 memiliki port Gigabit Ethernet, Wi-Fi 802.11a/b/g/n, sebuah port SuperSpeed USB 3.0 dan empat port USB 2.0.

Kemudian bagaimana dengan harganya? Anda bisa mendapatkan Giada Mini PC i56 dari distributor resminya di Indonesia, PT Sympac, dengan harga yang terjangkau: US$ 648, ditambah garansi selama satu tahun. Untuk Anda yang gemar melihat daftar spek, silakan simak di bawah.