21 October 2019

by Glenn Kaonang

Giphy Arcade Adalah Situs untuk Bermain dan Berbagi Mini Game

Bisa diakses lewat perangkat desktop atau mobile, dan kita juga dipersilakan merancang mini game sendiri

Kita mengenal Giphy sebagai search engine untuk gambar-gambar bergerak alias GIF. Namun perusahaan berusia 6 tahun tersebut rupanya ingin dikenal lebih dari sebatas itu. Inisiatif terbaru mereka adalah Giphy Arcade, sebuah platform untuk bermain dan berbagi mini game.

Istilah mini game sendiri sebenarnya kurang tepat. Giphy lebih sreg menyebutnya sebagai microgame, sebab semuanya memang dirancang untuk bisa dimainkan dan diselesaikan dalam hitungan detik saja. Sebagian besar aset grafik yang digunakan bahkan berasal dari koleksi GIF yang ada di Giphy.

Semua game-nya bisa dimainkan di browser tanpa perlu mengunduh apa-apa, baik di perangkat desktop maupun mobile. Tautan ke game yang spesifik bisa kita bagikan dengan mudah, akan tetapi yang cukup menarik adalah fitur yang Giphy sebut dengan nama Remix.

Dengan Remix, kita pada dasarnya dipersilakan membuat microgame sendiri, bisa dengan memodifikasi yang sudah ada, atau membuatnya dari nol. Sama sekali tidak ada kemampuan coding yang dibutuhkan; kita hanya perlu mencocokkan aset-aset yang ada, mulai dari background, musik latar, sampai karakter-karakternya.

Itu kalau di perangkat desktop. Di perangkat mobile, prosesnya malah lebih sederhana lagi; pengguna cukup memilih template permainan yang ingin dibuat, lalu jawab tiga pertanyaan yang diberikan. Setelahnya, Giphy Arcade bakal merancangkan sendiri game-nya secara dinamis berdasarkan jawaban-jawaban pengguna, dan mereka tinggal memainkan atau membagikan tautannya.

Kalau melihat Giphy Arcade, saya jadi teringat zaman game berbasis Adobe Flash Player masih mendominasi belantara internet. Bedanya tentu saja Giphy Arcade sama sekali tidak membutuhkan plugin tambahan sehingga dapat diakses menggunakan semua browser di semua perangkat dengan koneksi internet, dan bentuk-bentuk permainannya juga jauh lebih sederhana.

Sumber: Engadget dan VentureBeat.