Tidak terasa GIF sudah menemani kita selama 30 tahun, dan saya kira hampir tidak ada yang menyangka kalau format gambar bergerak yang bahkan lebih tua dari saya ini bisa menjadi populer di era smartphone dan internet. Puncaknya, kalau menurut saya, adalah ketika media sosial terbesar sejagat menghadirkan fitur balas komentar menggunakan GIF.

Facebook mengandalkan Giphy sebagai salah satu database GIF-nya, dan Giphy sendiri terus berupaya untuk memperkaya koleksi GIF-nya dengan mengajak pengguna menciptakan GIF-nya sendiri. Di tahun 2015, mereka meluncurkan tool GIF Maker di desktop, dan sekarang mereka sudah siap dengan versi mobile-nya, tanpa memaksa pengguna untuk mengunduh aplikasi terlebih dulu.

GIF Maker di situs mobile ini punya cara kerja yang hampir sama dengan versi desktop-nya. Pengguna dapat mengunggah videonya sendiri atau mencantumkan link YouTube untuk dijadikan GIF. Kalau ingin membuat GIF yang benar-benar orisinil, pengguna juga bisa langsung merekam video, semuanya benar-benar tanpa mengunduh aplikasi apa-apa.

Setelahnya, pengguna dipersilakan menambahkan caption, sticker, cat glitter atau mencorat-coret secara manual di atas GIF-nya. Untuk bisa menyimpan GIF di channel pribadi, pengguna harus login menggunakan akun Giphy terlebih dulu.

Kehadiran GIF Maker di situs mobile ini pastinya dapat membantu meningkatkan populasi GIF untuk dipergunakan di media sosial, sebab sekarang semua smartphone yang punya akses ke browser dapat dipakai untuk menciptakan GIF cukup dengan mengunjungi giphy.com/create/gifmaker.

Sumber: VentureBeat.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.