GLAS Adalah Termostat Pintar dengan Integrasi Cortana

Perangkat mengemas layar sentuh semi-transparan dan menjalankan OS Windows 10 IoT Core

Debut Cortana di ranah smart home dibuka oleh Harman Kardon Invoke, sebuah smart speaker yang siap bersaing dengan Amazon Echo maupun Google Home pada musim semi nanti. Namun tentu saja Microsoft menginginkan lebih dari itu, dan dengan bantuan Johnson Controls, Cortana rupanya juga siap mengusik pasar smart thermostat.

Perkenalkan GLAS, sebuah termostat pintar pertama yang mengusung integrasi Cortana. Kehadiran asisten virtual besutan Microsoft ini berarti pengguna dapat mengendalikannya menggunakan perintah suara, sangat praktis ketika pengguna sedang berada di dalam ruangan tetapi kedua tangannya sedang disibukkan oleh sesuatu.

GLAS mengemas layar sentuh semi-transparan yang berfungsi menampilkan sejumlah informasi macam kalender, kualitas udara dan konsumsi energi – selain tentu saja suhu di dalam dan luar ruangan. Terkait kualitas udara, GLAS dilengkapi sederet sensor untuk memonitornya secara konstan, tapi ia bukanlah sebuah air purifier.

Selebihnya, detail mengenai GLAS masih minim. Perangkat disebut menjalankan sistem operasi Windows 10 IoT Core serta didukung oleh layanan cloud Microsoft Azure. Selain itu, GLAS juga diyakini mampu mendeteksi keberadaan pengguna di dalam ruangan.

Untuk sekarang masih belum ada info mengenai harga dan ketersediaannya, tapi kita setidaknya bisa melihat aksinya dalam video di bawah. Smart speaker dan thermostat sudah, kini kita tinggal menunggu kedatangan Cortana di kategori produk lain seperti kulkas maupun dashboard mobil.

Sumber: Wareable.