Categories

Gadget

Glowforge Bisa Bantu Anda Menjadi Pengrajin Profesional

Glenn Kaonang - 29 September 2015

Mesin laser cutting sudah ada cukup lama, tapi tampaknya belum ada yang benar-benar dirancang untuk konsumen rumahan. Sederhananya, mesin ini memungkinkan Anda untuk memotong maupun membuat ukiran pada material berpermukaan datar, seperti kayu, akrilik, karton maupun kulit.

Kini ada sebuah mesin laser cutting bernama Glowforge yang ditujukan buat konsumen rumahan. Pihak pengembangnya menyebutnya sebagai 3D laser printer, tapi saya lebih suka menganggapnya sebagai mesin laser cutting supaya tidak disalah artikan menjadi 3D printer.

Mengapa demikian? Karena teknik yang digunakan Glowforge berbeda dari 3D printer. Kalau 3D printer akan membentuk objek dari nol, Glowforge akan membentuk sebuah bongkahan menjadi objek yang Anda inginkan. Gampangnya, Anda bisa menganggap Glowforge ini sebagai pemahat patung.

Info menarik: Ilmuwan Berhasil Buat Perangkat ‘Teleportasi’ Berbasis 3D Printer

Untuk memotong berbagai material yang disebutkan tadi, Glowforge memanfaatkan laser yang sangat presisi, setara tebal rambut manusia. Tidak cuma material-material yang biasa digunakan oleh pengrajin seperti di atas, Anda juga bisa menggunakan Glowforge untuk memotong dan mengukir makanan seperti cokelat sampai lembaran rumput laut kering yang biasa dijual dalam kemasan (nori).

Glowforge tidak memerlukan software desain khusus untuk bekerja. Anda bahkan bisa membuat desain di atas kertas dengan spidol, lalu menempelkannya di atas material yang diinginkan. Glowforge akan memotong dan mengukir mengikuti sketsa Anda secara langsung.

Namun Glowforge juga dibekali kamera yang bisa mengenali objek secara tiga dimensi, memungkinkannya untuk membuat ukiran di atas permukaan yang tidak sepenuhnya datar, seperti MacBook Air yang ujung-ujungnya agak melengkung. Glowforge akan langsung mengenali bahwa objek yang Anda masukkan tersebut adalah MacBook Air, lalu Anda tinggal memilih desain ukiran yang diinginkan dan biarkan Glowforge bekerja.

Info menarik: Lix Merupakan Pena 3D Printer yang Memungkinkan Anda ‘Menggambar’ di Udara

Sederhananya, Glowforge memungkinkan semua orang untuk menjadi pengrajin profesional. Anda bisa membuat dompet, tas, maupun berbagai aksesori lainnya dari bermacam material. Perangkat ini pun jauh lebih mudah digunakan daripada sebuah 3D printer.

Glowforge akan hadir dalam dua varian: varian Basic dan varian Pro yang memiliki performa lebih gahar. Glowforge Basic dibanderol seharga $4.000, sedangkan Glowforge Pro seharga $8.000. Namun jika Anda melakukan pre-order dari situs resminya, Anda bisa mendapatkan potongan harga 50 persen.

Via: Digital Trends.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter