Categories

Mobile

Gmail Bakal Optimalkan Tampilan Email di Smartphone dengan Dukungan Responsive Design

Teks dan gambar tidak lagi terlihat kekecilan, demikian pula dengan tombol tautan

Glenn Kaonang - 16 September 2016

Terlahir di komputer, email kadang bisa terlihat kurang optimal di layar smartphone. Bukan salah aplikasi email-nya, tapi memang formatnya masih belum dirancang secara khusus untuk layar kecil. Alhasil, teks sering tampak kekecilan dan tombol tautan kerap susah di-tap karena ukurannya terlampau kecil.

Namun kalau problem ini sudah bisa diselesaikan di web dengan responsive design, kenapa tidak demikian juga di email? Well, dalam beberapa minggu ke depan, Google akan meluncurkan update Gmail dan Inbox by Gmail untuk mengatasi masalah ini.

Kedua aplikasi email tersebut nantinya akan membawa dukungan terhadap email yang dirancang menggunakan pendekatan responsive design. Hal ini berarti konten akan diadaptasikan dengan ukuran layar, sehingga pada akhirnya teks dan gambar bisa terlihat lebih besar dan jelas, sedangkan tombol tautan jadi lebih mudah diakses.

Sebaliknya, email yang secara spesifik didesain untuk perangkat mobile juga akan diadaptasikan dengan layar laptop atau komputer sehingga pengguna tidak perlu mencicil matanya demi membaca teks yang berukuran sangat kecil.

Tentunya kita tidak bisa hanya mengandalkan Google saja, pembuat emailnewsletter juga harus ambil bagian dan memanfaatkan responsive design. Kabar baiknya, Google akan menyediakan panduan dan dokumentasi yang diperlukan bagi mereka, dan kita sebagai pengguna hanya tinggal menunggu saja.

Sumber: Gmail Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter