Gmail versi web sudah lama mempunyai fitur untuk melakukan transaksi finansial melalui email. Dan sekarang, fitur serupa akhirnya dipastikan menyambangi aplikasi Android, memungkinkan pengguna meminta dan mengirimkan uang melalui ponsel pintarnya.

Fitur yang tiba di Gmail untuk Android versi 7.2.26 ini bakal disematkan ke dalam tombol lampiran, tombol yang sama yang berfungsi melampirkan berkas, foto atau video. Di sana akan muncul dua opsi baru, Send Money dan Request Money yang masing-masing akan terintegrasi dengan layanan Google Wallet dan kartu kredit. Opsi Send Money akan menampilkan informasi Google Wallet dan jumlah nominal yang akan dkirimkan. Selain memo singkat, pengguna juga dapat menambahkan pesan melalui tubuh email.

Setelah uang dikirimkan, penerima akan memperoleh pemberitahuan seperti email pada umumnya. Namun di dalam lampiran, mereka akan menjumpai sebuah tombol berlabel “Claim Money” melalui jendela dialog yang serupa dengan proses pengiriman di atas.

Menurut klaim Google, layanan ini tidak akan mengenakan tambahan biaya untuk setiap transaksinya, baik untuk pengirim maupun penerima. Bahkan pengguna tidak diharuskan mengunduh aplikasi tambahan untuk menyelesaikan transaksi. Yang lebih menggembirakan, Google juga memungkinkan pengguna untuk mengirimkan dana ke akun bank dan menerima kiriman uang dari non pengguna Gmail selama mempunyai akun Google Wallet. Sayangnya, fitur ini baru bisa digunakan oleh pengguna di kawasan Amerika Serikat.

Sumber berita Google dan gambar header Pixabay.