Berita

Go-Jek dan Indomog Menangi Enterpreneurship Delegation GEPI 2011

Di acara puncak Global Enterpreneurship Program Indonesia (GEPI) 2011 yang diadakan di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali akhir pekan ini, dua delegasi kewirausahaan menjadi pemenang dan berhak atas hadiah US$10.000. Keduanya adalah Go-Jek untuk kategori non-teknologi dan Indomog untuk kategori teknologi. Seleksi Enterpreneurship Delegation (EDEL) dalam rangkaian acara GEPI telah dilaksanakan tanggal 19-21 Juli lalu di mana 12 wirausahawan dan investor dari Amerika Serikat bertemu dengan lebih dari 100 startup di Indonesia. Kegiatan GEPI ini diadakan bersamaan dengan ASEAN Regional Enterpreneurship Summit (RES) yang diorganisir oleh Kementerian Perdagangan.

Selain Go-Jek dan Indomog, GEPI juga memilih PT Arah Environmental Indonesia dan SITTI sebagai pemenang kedua. Runners-up diduduki oleh Integrated Waste Management dan Marine Current Turbine untuk non-teknologi serta Game4Smart dan Prohukum untuk kategori teknologi. Pemenang kedua memperoleh US$5000 sementara runners-up berhak atas dana US$2500. Kami sempat memuat profil finalis bidang teknologi di post terdahulu.

Menteri Perdagangan RI Mari Elka Pangestu pada acara pembukaan RES, dalam pidato pembukaannya menyatakan, "Kementerian Perdagangan sebagai fasilitator RES tentunya selalu berupaya meningkatkan tumbuh kembangnya kewirausahaan di Indonesia dengan menciptakan iklim yang kondusif, terutama bagi para entrepreneur muda yang baru mulai mengembangkan usahanya. Potensi sumber daya manusia Indonesia, terutama generasi muda sangat luar biasa."

"Diharapkan hasil dari RES akan menjadi referensi untuk memperkuat kewirausahaan di Indonesia dan Asia dengan beberapa titik pelajaran yang kita akan simak dari pembicara global dan regional mengenai kewirausahaan. Networking (jejaring) dengan para wirausahawan dalam forum seperti RES ini diharapkan juga menjadi modal bagi pengembangan usaha para entrepreneur Indonesia," tambah Mendag.

Chairman GEPI Chris Kanter mengatakan dalam siaran persnya, "Kami sangat antusias untuk menjalankan program kami yang terdiri dari 6 (enam) aktivitas untuk mengkampanyekan sistem kewirausahaan yang baik: mendorong kebijakan dan aturan yang mendorong kewirausahaan; identifikasi wirausahawan; pelatihan; menghubungkan para wirausahawan; akses permodalan; dan merayakan kesuksesaan wirausaha."

Acara puncak GEPI di Bali ini juga dihadiri oleh Eric Schmidt, Executive Chairman dan ex-CEO Google. Dalam sambutannya, Schmidt mengidentifikasi sejumlah layanan dan nama yang memberikan peran signifikan dalam memajukan industri berbasis teknologi dan kreatif di Indonesia, yaitu Kaskus [komunitas online terbesar di Indonesia], Pandji Pragiwaksono [presenter dan penyanyi yang berjualan albumnya secara gratis di Internet dengan dukungan sponsor], dan Hachiko HD buatan TouchTen [permainan untuk iPad yang mampu masuk jajaran top apps di seluruh dunia]. Eric Schmidt di pagi harinya sempat bertemu dengan Wakil Presiden Boediono di Jakarta dan memastikan tentang pendirian kantor perwakilan Google di Indonesia tahun ini.

"Kompetisi yang kami lakukan melalui EDEL hanya merupakan bagian kecil dari upaya mendorong tumbuhnya entrepreunership di Indonesia. Mereka yang mengikuti program EDEL telah menunjukkan potensi startup Indonesia terhadap komunitas global, yang mana pada saat ini kesempatan tersebut ada melalui pertemuan dengan Entrepreneurship Delegation dari Amerika Serikat yang dipersembahkan oleh GEPI bekerja sama dengan GEP,” tambah Chris Kanter.

GEPI merupakan salah satu langkah dalam menumbuhkan wirausaha Indonesia, dimana 13 pemimpin bisnis Indonesia mendirikan GEPI dan bermitra dengan GEP, yang merupakan program pemerintah Amerika. GEPI berperan sebagai katalis dalam strategi kewirausahaan di Indonesia dan memberi perspektif global bagi wirausaha Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter