Categories

Berita

Go-Med, Layanan Kesehatan Kolaborasi Go-Jek dan Apotik Antar, Tinggal Tunggu Pembaruan Aplikasi Resmi (UPDATED)

Situsnya sudah tersedia, mulai diintegrasikan ke aplikasi Go-Jek bersama dengan Go-Auto

Amir Karimuddin - 5 September 2016

Lebih dari sebulan yang lalu, kami memberitakan soal Go-Med, sebuah layanan yang kabarnya bakal menjadi kolaborasi Go-Jek dan Apotik Antar dalam menyediakan obat dari apotek secara on-demand. Berdasarkan pengamatan kami, rilis resmi Go-Med tinggal menunggu pembaruan Go-Jek berikutnya. Situs yang didedikasikan khusus untuk Go-Med sudah tersedia dan kami sudah mendapatkan gambaran bagaimana Go-Med (dan Go-Auto) diintegrasikan ke dalam aplikasi.

Go-Med pada dasarnya sama dengan layanan Apotik Antar saat ini. Mitra pengemudi Go-Jek membantu konsumen membeli obat-obatan, vitamin, dan peralatan medis dari apotek yang berlisensi. Sesungguhnya Apotik Antar pun dari awal tahun pun sudah menggunakan Go-Jek sebagai mitra transportasi, apalagi Go-Jek merupakan investor grup pendiri Apotik Antar.

Tampilan Go-Auto dan Go-Med di aplikasi Go-Jek
Tampilan Go-Auto dan Go-Med di aplikasi Go-Jek

Titik kritisnya, seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, ada dua macam:

Ada dua isu yang menjadi pusat perhatian jika Go-Med benar-benar diluncurkan. Pertama adalah bagaimana streamline prosedur pencarian obat dari tim Apotik Antar ke tim dan mitra pengemudi Go-Jek. Di Apotik Antar, pencarian obat dilakukan oleh tim internal karena ketersediaan suatu obat sangat bervariasi antara satu apotek dan apotek yang lain. Hal ini berbeda dengan Go-Mart yang praktis barang dagangannya lebih seragam dan lebih umum.

Masyarakat tidak biasanya menunggu lama dan waktu tunggu saat mencari ketersediaan sebuah obat di apotek terdekat harus benar-benar diminimalisir.

Hal kedua adalah soal obat dengan resep dokter dan jenis obat-obat yang tidak dijual bebas. Memang benar bahwa dalam syarat dan ketentuannya mereka tidak mengakomodasi hal ini, tapi di lapangan siapa berani bertanggung jawab? Kedua hal menjadi titik krusial kesuksesan Go-Med yang harus siap mengakomodasi jenis dan jumlah konsumen yang lebih beragam.

Selain itu kami juga telah mendapatkan gambaran bagaimana Go-Med dan Go-Auto dimasukkan ke dalam halaman depan aplikasi. Go-Auto sendiri saat ini baru bisa diakses melalui situsnya dan kanal Go-Jek di LINE.

Tak cuma sekedar fitur membersihkan kendaraan, Go-Auto sudah berkembang untuk mengakomodasi servis berkala (misalnya penggantian oli) atau kebutuhan darurat (misalnya ban kempes atau kebutuhan derek kendaraan). Pasti bakal sangat berguna jika sehandal yang diharapkan, apalagi saat kendaraan mogok di jalan tol atau saat malam hari.

Berikut ini adalah screenshot menu Go-Med:

Sementara berikut ini adalah screenshot menu Go-Auto:

Update: Go-Auto mulai diintegrasikan di dalam aplikasi untuk sejumlah pelanggan terpilih.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter