Go-Viet Resmi Beroperasi, Operasional Pertama Go-Jek di Luar Indonesia (UPDATED)

Go-Viet Resmi Beroperasi, Operasional Pertama Go-Jek di Luar Indonesia (UPDATED)

Sebagai awalan, Go-Viet tersedia di 12 distrik kota Ho Chi Minh City, Vietnam, memberikan pelayanan Go-Bike dan Go-Send
Go-Viet resmi beroperasi, operasional pertama Go-Jek di luar Indonesia / Go-Jek
Go-Viet resmi beroperasi, operasional pertama Go-Jek di luar Indonesia / Go-Jek

Hari ini (1/8) menjadi sejarah baru bagi Go-Jek. Go-Viet, layanan mereka di Vietnam, mulai beroperasi dan aplikasinya bisa diunduh di Google Play dan App Store. Ini menjadi layanan Go-Jek pertama di luar Indonesia dan memulai beroperasi di 12 distrik kota Ho Chi Minh City, Vietnam untuk dua layanan dasar, Go-Bike (pengantaran penumpang) dan Go-Send (pengantaran barang).

Momentum penjualan bisnis Uber di Asia Tenggara ke Grab menjadi pendorong Go-Jek untuk berekspansi ke Asia Tenggara. Selain Vietnam, Go-Jek rencananya akan beroperasi di Thailand (GET), Singapura, dan Filipina.

Dalam sebuah wawancara, Nadiem menjelaskan bahwa strategi mereka dalam memasuki negara-negara baru adalah menggandeng tim lokal. Tim yang dipimpin CEO Duc Nguyen ini diharapkan mampu menerjemahkan konsep Go-Jek ke dalam konteks lokal.

 

https://twitter.com/gojektech/status/1024316268768182272

Selain penggunaan nama berbeda, salah satu bentuk pelokalan lain adalah warna. Jika di Indonesia Go-Jek terkenal dengan warna hijau untuk jaket dan helm mitra, maka di Vietnam Go-Viet hadir dengan warna serba merah. Go-Viet siap menantang Grab yang praktis tanpa pesaing di negara-negara Asia Tenggara pasca akuisisi tersebut.

“Untuk menjadi bisnis jangka panjang dan berkelanjutan, harus menjadi platform. Anda perlu memiliki banyak layanan dan mereka harus perkuat satu sama lain. Bagaimana sinergi dari sisi suplai, strategi retensi dari sisi demand,” terang CEO Go-Jek Nadiem Makarim dalam sebuah kesempatan wawancara dengan CNBC.

Dalam rilis resminya pihak Go-Viet mengklaim bahwa dalam masa uji coba mereka mendapat sambutan baik, terbukti dengan banyaknya feedback positif.

“Kami yakin masyarakat Vietnam bisa mendapatkan manfaat yang besar dari layanan yang akan kami tawarkan. Kami juga berharap masyarakat Vietnam dapat mulai melihat Go-Viet sebagai aplikasi transportasi dan logistik yang dapat diandalkan selagi kami mempersiapkan peluncurkan aplikasi secara penuh dalam beberapa minggu ke depan,” terang Duc Nguyen.

Sementara itu President Go-Jek Andre Soelistiyo mengatakan, “Peluncuran Go-Viet akan memperlihatkan bagaimana teknologi kelas dunia yang dimiliki GO-Jek dapat dimanfaatkan di Vietnam. Kami akan membuat Indonesia bangga, sebagai perusahaan karya anak bangsa yang dapat menempatkan Indonesia pada peta inovasi global dan kepemimpinan di bidang teknologi.”

Ia juga menambahkan bahwa peluncuran peluncuran ini merupakan bagian dari rencana ekspansi internasional Go-jek di Vietnam, Thailand, Singapura dan Filipina. Pengumuman ekspansi ini menyusul pendanaan Go-Jek yang terbaru yang didapat dari Google, Warburg Pincus, KKR, TEncent, Meituan-Dianping dan lain-lain.

 

Update : Tambahan kutipan dan informasi dari pihak Go-Jek dan Go-Viet

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…