Gobann Telah Softlaunch, Kini Hadir dalam Status Beta

Gobann Telah Softlaunch, Kini Hadir dalam Status Beta

gobann
gobann

Gobann (baca: goban, alias lima puluh ribu) telah melakukan soft launch Selasa kemarin. Situs yang menghadirkan marketplace untuk micro jobs dengan upah 50.000 Rupiah itu kini bisa dinikmati layanannya dengan status beta.

Gobann adalah sebuah tempat dimana Anda bisa mempromosikan diri Anda untuk melakukan suatu kangtao (pekerjaan, kalau di luar negeri di sebut gig) dengan upah 50.000 Rupiah. Pekerjaan tersebut, biasanya merupakan pekerjaan kecil namun membutuhkan keterampilan khusus seperti mendesain kartu nama, melakukan penerjemahan, atau hal-hal kreatif seperti jasa “menyundul” sebuah thread di Kaskus.

Di sisi lain, Anda bisa mencari freelancer untuk melakukan sesuatu (demand) dengan upah yang sama. Bagi entreprenuer, Gobann bisa menjadi tempat yang tepat untuk mencari freelancer untuk sebuah pekerjaan kecil dengan biaya yang murah. Anda juga bisa mencari orang-orang kreatif dan mempunyai keterampilan tertentu untuk melakukan suatu hal.

Saat ini, Gobann melayani pembayaran dengan BCA, Paypal, dan T-cash. Jika dilihat video perkenalan pada halaman muka website-nya, Gobann masih merencanakan adanya platform pembayaran lain untuk mempermudah penggunanya bertransaksi.

Gobann merupakan salah satu startup yang terpilih mengikuti ajang Satellite Indonesia yang diadakan oleh e27 beberapa waktu yang lalu. Menurut informasi dari e27, Gobann didirikan oleh Michael Luhukay, Teddy Koentjoro and Hyung Gyu Byun. Sebagai monetasi, Gobann menarik fee sebesar 20% dari pelaku kangtao (freelancer). Selain itu, mereka juga akan menampilkan iklan dan memunculkan fitur semacam premium kangtao.

Layanan seperti yang dihadirkan Gobann ini bukan yang pertama. Di luar negeri, ada banyak layanan serupa, dengan Fiverr yang paling terkenal. Sedangkan di Indonesia, telah ada RecehanSerba50Ribu dan ApaBoleh (beta).

Karena sama-sama belum berkembang pesat, Gobann dan startup lain dengan layanan yang sama, harus berusaha untuk tetap kreatif. Bukanya hanya startup-nya harus kreatif, tetapi startup tersebut juga harus bisa merangsang penggunanya untuk menjadi kreatif. Karena setiap kangtao hanya dijual seharga 50 ribu Rupiah, pengguna harus pintar-pintar mengkreasikan suatu pekerjaan agar mereka bisa mendapatkan untung dari Gobann ini.

Dalam hal fee yang ditarik oleh Gobann, saya pribadi merasa fee 10 ribu Rupiah per transaksi yang terjadi terlalu banyak. Jika Gobann berharap penggunanya bisa mendapatkan untung dengan transaksi-transaksi kecil namun dalam jumlah banyak, menurut saya Gobann juga harus mempunyai semangat yang sama. Mereka mendapatkan keuntungan yang kecil tiap transaksi, namun berusaha memperbanyak jumlah transaksinya sehingga keuntungan tersebut menjadi besar. Itu pendapat saya karena angka 20% itu relatif, bagi saya cukup besar, namun beberapa orang mungkin menganggap hal tersebut wajar bahkan mungkin kecil.

Selamat atas soft-launching-nya untuk Gobann, semoga semangat kreatifnya bisa ditiru oleh banyak orang lain.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…