Categories

Game

God of War Langkahi Shadow of the Colossus Sebagai Game Terbaik (Sementara) di 2018

Teriak girang fans PlayStation bisa terdengar bahkan sebelum permainan ini dirilis.

Yoga Wisesa - 13 April 2018

Rivalitas Microsoft dan Sony telah berlangsung sejak era console generasi ketujuh, tapi mulai tahun 2017, sistem game baru Nintendo terbukti menjadi kompetitor berat. Dari sisi skor, game-game seperti Super Mario Odyssey dan Breath of the Wild berada di atas Horizon Zero Dawn dan Persona 5. Namun perubahan bisa kita mulai rasakan dalam empat bulan memasuki 2018 ini.

Tak lama setelah Monster Hunter World dirilis, remake Shadow of the Colossus segera melucuti gelar 'game terbaik sementar 2018' yang sempat dipegang RPG Capcom tersebut. Dan di bulan April ini, fans Sony kembali berteriak girang berkat pencapaian satu judul eksklusif PlayStation 4. Lebih dari seminggu sebelum God of War dirilis, media-media game ternama telah memublikasikan ulusannya, dan mayoritas dari mereka memberi penilaian yang sangat positif buat permainan action baru itu.

God of War memperoleh skor sempurna dari DualShockers. Reviewer bilang bahwa permainan ini adalah contoh sempurna bagaimana developer merevolusi satu seri yang begitu dicintai fans sembari meningkatkan kualitasnya. Para pemain akan merasakan bagaimana penyempurnaan diimplementasikan pada mekanisme game, narasi, sembari secara efektif menumbuhkan rasa simpati pada karakter-karakternya.

IGN juga memberikan game ini skor 10/10. IGN sudah menduga God of War akan menyuguhkan petualangan seru, namun pengulas tidak menyangka semua kontennya saling menopang dan menghasilkan satu mahakarya. Mereka memuji perkembangan tokoh Kratos. Di permainan ini, karakteristiknya jadi lebih kompleks. Ia digambarkan sebagai seorang ayah, pejuang, bahkan monster.

Walaupun tidak mendapatkan badge Essential, Eurogamer tetap merekomendasikan permainan ini. Mereka melihat bagaimana Santa Monica Studio berhasil memanfaatkan teknologi terbaru untuk menyuguhkan kepuasan bermain yang sederhana, tapi itu berarti developer sebetulnya juga tidak banyak menerapkan ide-ide baru. Efeknya, meski visualnya terlihat cantik, God of War tak benar-benar memberikan terobosan.

VentureBeat malah punya pendapat berbeda. Menurut reviewer, sistem pertempuran metodis yang menggantikan pertarungan berbasis combo adalah perubahan terbesar di game ini. Langkahnya terbilang cukup beresiko, tapi hasil akhirnya ternyata memuaskan. Melalui God of War, Sony berhasil mengangkat Kratos sebagai salah satu ikon terbesar PlayStation yang dicintai gamer.

Buat GameSpot, God of War tetap terasa seperti pendahulu-pendahulunya. Ia merupakan permainan action spektakuler berisi adegan-adegan serta skenario mencengangkan yang menghabiskan banyak dana dalam proses pengembangannya. Namun elemen narasinya jadi kejutan menyenangkan. Ada banyak perbaikan dibubuhkan di sana, dan kini, Kratos bukan lagi karakter brutal yang gampang diprediksi. GameSpot memberinya nilai 9/10.

Di situs agregat review OpenCritic, God of War saat ini berhasil memperoleh skor rata-rata sementara 95 dari sekitar 70 ulasan. Angka ini berada di atas Shadow of the Colossus (92) dan Monster Hunter World (90).

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter