1. Lifestyle

GOG Akan Segera Hadirkan Permainan Klasik PC di Linux

Good Old Games adalah satu contoh kejeniusan para desainer dan programmer pencipta franchise The Witcher. Layanan distribusi digital ini tidak bersusah payah untuk menyaingi Steam seperti yang dilakukan EA dengan Origin mereka. Tapi sama seperti Steam, GOG.com mencoba menyajikan game-game klasik di sistem operasi Linux.

GOG.com ialah satu-satunya sistem distribusi digital yang memfokuskan pada penjualan permainan klasik. Mereka menjanjikan beberapa hal: harga yang benar-benar murah dan game yang tersaji tanpa sistem digital rights management, ditambah bonus-bonus ekstra bagi para konsumen.

Pengumuman akan hadirnya game dari GOG di Linux ini adalah sebuah kejutan menyenangkan karena pada bulan September lalu, sang juru bicara GOG Trevor Longino sempat menyebutkan bahwa perusahaan tersebut belum berencana untuk memperluas layanan mereka ke Linux.

Alasan terbesarnya datang dari arsitektur Linux itu sendiri yang di-update selama berkala. Jika mereka mencoba mengembangkannya, maka fokus pada penyajian layanan untuk pengguna Windows mungkin akan berkurang.

Longino menerangkan, "Tentu saja kita dapat meluncurkan software client dan menjual game-game tersebut dan membiarkan pengguna Linux yang mencari solusi sendiri jika ada masalah. Namun kami harus tetap berpegang pada strategi bisnis yang GOG terapkan." Bagi GOG, layanan aftersales dan kepuasan pelanggan sama pentingnya dengan menyajikan game itu sendiri.

 

Info menarik: Panduan Memilih Casual Game dari Gameloft

 

"Kami hanya ingin mengumumkan bahwa setelah pertimbangan panjang, kami memutuskan bahwa langkah selanjutnya adalah untuk mendukung Linux," tulis GOG di situs mereka. "Tentu kami memang belum siap untuk menyajikan game-game Linux di GOG.com, kami baru saja mulai mengerjakannya selama beberpa bulan, dan banyak hal yang harus dilakukan. Tapi kami hanya ingin Anda tahu bahwa GOG untuk Linux bisa diakses pada musim gugur tahun ini." Itu berarti versi Linux-nya akan siap pada kuartal ketiga 2014.

"Untuk saat ini kami fokus untuk membawa GOG.com ke Ubuntu dan Mint. Dan saat ini juga kami melakukan uji coba dan berbagai konfigurasi, serta pelatihan tim untuk menterjemahkannya ke bahasa Linux, dan mempersiapkan setidaknya 100 judul permainan sudah tersaji saat layanan ini diluncurkan nanti," lanjut GOG.

Judul-judul game tersebut sudah termasuk mereka yang memiliki versi Linux sebelumnya, ditambah permainan-permainan klasik lain, ditambah dukungan penuh storefront digital mereka.

Good Old Games merangkum berbagai macam wishlist yang diinginkan konsumen untuk layanan mereka di Linux. Anda bisa berpartisipasi langsung di sana. Permintaan yang paling populer adalah ketersediaan downloader resmi GOG dan dukungan DosBox, selain meminta GOG untuk mempersiapkan judul-judul game Windows di Linux.

Lalu mengapa GOG tiba-tiba mengumumkan hal ini? Mungkin mereka tidak menyebutkan alasannya dalam pengumuman itu, tetapi bisa jadi hal tersebut ada kaitannya dengan Valve. Jika SteamOS terbukti menjadi platform yang sukses, maka terdapat pangsa pasar baru bagi GOG di sana. Dan itu mungkin juga alasannya mengapa mereka mengusahakan versi Linux Good Old Games bisa siap sebelum akhir tahun.

Sumber: GOG.com dan PC World.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again