Bersama Gojek, Startup “Cloud Kitchen” Asal India Rebel Foods Siapkan Debut di Indonesia

Bersama Gojek, Startup “Cloud Kitchen” Asal India Rebel Foods Siapkan Debut di Indonesia

Mulai menyiapkan divisi baru Go-Kitchen
Startup cloud kitchen India Rebel Foods tengah mempersiapkan debutnya di Indonesia. Bersama Gojek akan membuka 100 cloud kitchen sampai 18 bulan ke depan
Startup cloud kitchen India Rebel Foods tengah mempersiapkan debutnya di Indonesia. Bersama Gojek akan membuka 100 cloud kitchen sampai 18 bulan ke depan

Startup cloud kitchen asal India Rebel Foods dikabarkan tengah persiapkan debutnya di Indonesia, pasca memperoleh dana segar dari Gojek, melalui GoVentures, senilai total $5 juta (sekitar 70 miliar Rupiah) pada Juli 2019.

Cloud kitchen menjadi tren terkini karena mereka menambahkan unsur pengiriman yang cepat dengan brand restoran, memungkinkan mereka untuk scaling lebih cepat,” ujar Managing Director Sequoia Capital India G.V. Ravinshankar, dikutip dari Blooomberg.

Sequoia merupakan salah satu investor dari Rebel Foods dan Gojek.

Bersama Gojek, Rebel Foods akan membuka 100 cloud kitchen yang siap menyiapkan menu masakan biryani, pizza, makanan Tionghoa, dan nasi goreng dalam kurun waktu 18 bulan mendatang. Belum ada detail lebih lanjut mengenai informasi ini.

Berdasarkan pantauan DailySocial, Gojek sedang giat mencari kandidat yang siap ditempatkan untuk mengembangkan Go-Kitchen. Kemungkinan divisi baru ini yang akan menggarap bisnis cloud kitchen tersebut.

Selain Indonesia, Rebel Foods juga akan berekspansi Uni Emirat Arab dengan membuka 20 cloud kitchen di sana. Di India, Rebel Foods cukup mendominasi pasar. Ada 235 dapur tersebar di 20 kota di India dan mencakup 1.600 restoran.

Setiap harinya satu dapur memproses 60 pesanan saat jam makan siang, jumlahnya meningkat tiga kali lipat ketika akhir pekan. Rebel Foods memproduksi 2 juta pesanan tiap bulannya.

Konsep cloud kitchen masih sangat baru di Indonesia, sehingga belum ada yang menjadi pemain dominan. Beda halnya ketika membandingkan kondisinya di India, Tiongkok, Amerika dan Eropa. Ia menghadirkan lebih dari satu brand dalam satu dapur, memudahkan konsumen memilih jasa pengantaran makanan untuk memenuhi kebutuhannya.

Pemain lokal yang mulai menyeriusi segmen ini adalah Pesendulu.com di bawah CRP Group, pemegang brand restoran kekinian Warunk Upnormal.

Kompetitor terdekat Gojek, Grab telah lebih dahulu terjun ke cloud kitchen untuk mempercepat layanan GrabFood sejak akhir 2018. Sejauh ini ada empat lokasi GrabKitchen di Jakarta, yakni Cideng, Kramat, Tendean, dan Kedoya.

Dengan konsep ini, merchant terpilih dari lokasi manapun bisa memanfaatkan dapur yang disediakan Grab tanpa perlu menyediakan fasilitas dine in maupun take away karena pesanan hanya bisa datang melalui GrabFood.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…