12 November 2015

by Glenn Kaonang

Google Rilis Tool untuk Mengatur Apa Saja Info Pribadi yang Ditampilkan di Berbagai Layanannya

Dijuluki About Me dan sangat berguna untuk melindungi privasi kita dari pengguna lain

Sudah bukan rahasia kalau Google menyimpan cukup banyak data-data pribadi demi memberikan pengalaman yang lebih baik di sederet produknya. Di saat yang sama, Google juga berupaya semaksimal mungkin untuk melindungi privasi kita dari pengguna lain. Cara yang terbaru adalah melalui tool bernama About Me.

Saat Anda membuka situs tersebut, Anda akan langsung diminta untuk masuk menggunakan akun Google milik Anda. Selanjutnya, akan ditampilkan rincian informasi yang bisa dilihat lewat berbagai layanan milik Google seperti Gmail, YouTube, Google+, dan sebagainya.

Kalau Anda merasa informasi yang ditampilkan terlalu banyak dan terlampau lengkap, Anda bisa segera menggantinya atau bahkan menghapusnya. Namun tidak semua detail bisa dihapus, dua yang tetap harus ada adalah nama dan tanggal lahir – meski Anda masih bisa menghapus tahunnya.

About Me juga mempersilakan Anda untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat informasi apa saja. Misalnya, untuk profil Twitter, saya ingin publik bisa mengetahuinya, sedangkan tanggal lahir cukup diketahui oleh saya dan Google saja. Kemudian informasi lokasi beserta jenis kelamin saya dapat dilihat oleh mereka yang termasuk rekanan di Google+.

Tentu saja, supaya tidak banyak SMS "mama minta pulsa" yang berdatangan, info nomor ponsel pun saya hapus. Semisal ada info lain yang perlu ditambahkan, Anda tinggal menekan tombol merah berlambang "plus" di bagian kanan bawah.

Ke depannya, About Me juga akan menyediakan fitur untuk melihat bagaimana nantinya semua informasi ini ditampilkan di hadapan publik. Untuk sekarang, Anda bisa mencobanya langsung di aboutme.google.com.

Sumber: VentureBeat.