Google Akan Aktifkan Fitur 2-Step Verification Secara Default

Menurut Google, kata sandi yang panjang dan kompleks saja belum cukup untuk mengamankan akun Anda

Kata sandi atau password yang ideal adalah yang panjang, kompleks, tapi mudah diingat. Yang menjadi masalah, membuat beberapa password yang berbeda untuk setiap akun digital yang kita miliki tidaklah semudah yang dibayangkan. Tidak jarang pada akhirnya kita hanya menggunakan satu password yang sama untuk beberapa akun sekaligus.

Password-nya boleh panjang dan kompleks, tapi sekali saja password itu berhasil dicuri orang, maka semua akun kita pun otomatis jadi rentan diretas. Solusi yang cukup populer belakangan ini adalah menggunakan layanan password manager, sehingga tiap-tiap akun kita bisa memiliki password panjang dan kompleks yang berbeda-beda, tapi kita tidak perlu mengingat semuanya.

Namun yang namanya password, mau sekompleks dan sevariatif apapun, masih ada kemungkinan untuk dipecahkan oleh seorang hacker. Ini bukan pendapat saya, melainkan Google. Menurut Google, kita juga perlu melibatkan proses verifikasi tambahan di samping sebatas kata sandi yang kompleks.

Itulah mengapa dalam waktu dekat, Google akan mengaktifkan fitur two-step verification (2SV) secara otomatis pada setiap akun Google yang pengaturannya sudah sesuai dengan kriteria di menu Security Checkup. 2SV, sesuai namanya, mengharuskan kita melalui dua tahap verifikasi setiap kali hendak masuk ke akun masing-masing.

Langkah yang pertama sudah pasti adalah mencantumkan password itu tadi. Selanjutnya, langkah yang kedua adalah merespon notifikasi yang muncul di smartphone, membuktikan bahwa yang mengakses akun tersebut benar-benar Anda dan bukan orang lain yang tahu password Anda. Alternatifnya, smartphone tersebut juga bisa berperan sebagai kunci digital seandainya komputer yang digunakan memiliki Bluetooth. Selain perangkat Android, perangkat iOS pun juga bisa dengan bantuan aplikasi Google Smart Lock yang baru saja dirilis.

Google bilang bahwa ini merupakan langkah awal dalam visinya mengejar skenario masa depan di mana kita tidak lagi membutuhkan password sama sekali. 2-step verification dewasa ini sudah merupakan fitur yang cukup umum, jadi tidak ada salahnya untuk mengaktifkannya pada akun-akun lain yang memang mendukung fitur tersebut.

Sumber: Google.