Categories

Mobile

Aplikasi Google Search di iOS Kini Terintegrasi dengan iMessage dan Safari

Integrasinya dengan iMessage bisa menjadi alternatif terhadap Gboard, sayang untuk sekarang baru tersedia di Amerika Serikat

Glenn Kaonang - 7 March 2018

Aplikasi Google untuk iOS baru saja menerima update yang cukup menarik. Dalam versi terbarunya, Google kini terintegrasi ke iMessage, dan secara tidak langsung menjadi alternatif yang cukup ideal terhadap Gboard.

Saya termasuk pengguna yang lebih suka dengan keyboard bawaan iOS, terlepas dari banyaknya fitur yang ditawarkan Gboard. Integrasi Google pada iMessage ini setidaknya bisa sedikit mengisi sejumlah fitur yang saya lewatkan dengan tidak meng-install Gboard.

Google iMessage extension

Tanpa perlu meninggalkan iMessage, pengguna sekarang bisa melakukan berbagai pencarian di Google. Hasil pencariannya, semisal lokasi sebuah restoran, bisa dibagikan langsung ke percakapan. Kalau perlu, pengguna juga bisa meninjau informasi yang lebih lengkap, semisal jam-jam sibuk restoran tersebut, sekali lagi tanpa meninggalkan iMessage.

Di samping pencarian secara umum, integrasi ini turut menghadirkan pencarian GIF. Fitur GIF search sejatinya merupakan salah satu yang membuat Gboard sangat populer, dan kini pengguna bisa menikmatinya tanpa harus mengganti keyboard bawaan iOS.

Di iPad yang menjalankan iOS 11, aplikasi Google kini telah mendukung navigasi drag-and-drop, sehingga pengguna bisa dengan mudah memindahkan konten dari dan ke aplikasi lain. Kontennya bisa teks, gambar, atau tautan, dan ini bakal sangat memudahkan ketika menggunakan tampilan split-view.

Selain integrasi di iMessage, update ini rupanya juga membawa integrasi pada Safari. Premisnya sederhana: saat sedang membaca suatu artikel, pengguna bisa mengklik tombol “Search Google” dari menu sharing untuk memunculkan deretan konten terkait. Sebelumnya, fitur ini hanya bisa dinikmati apabila pengguna browsing memakai aplikasi Google.

Semua fitur baru di atas sudah bisa dinikmati sekarang juga, terkecuali integrasi iMessage yang untuk saat ini baru tersedia di Amerika Serikat saja.

Sumber: Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id