Categories

Gadget

Google Assistant Kini Dapat Membacakan Artikel Secara Lisan

Artikelnya dalam bahasa asing? Assistant bisa menerjemahkannya terlebih dulu sebelum membacakannya

Glenn Kaonang - 5 March 2020

Sebagian besar pengguna smartphone pasti menghabiskan cukup banyak waktunya setiap hari untuk membaca. Entah itu artikel panjang atau pendek, ada kalanya mungkin kita terlalu malas untuk membaca. Dalam skenario seperti ini, kita rupanya bisa meminta bantuan Google Assistant.

Ya, Assistant sekarang bisa membacakan artikel di internet secara lisan. Asalkan artikelnya dibuka di aplikasi Google, Google News, atau Chrome, Assistant siap membacakannya untuk Anda. Fitur ini tersedia untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi Android minimal versi 5 (Lollipop).

Google bilang Assistant sanggup membacakan artikel dalam 42 bahasa yang berbeda, termasuk bahasa Indonesia. Seandainya yang dibuka adalah artikel dalam bahasa asing, Assistant juga dapat menerjemahkannya lebih dulu sebelum akhirnya membacakannya dalam bahasa yang pengguna tentukan.

Juga menarik adalah bagaimana artikel akan di-scroll dengan sendirinya, mengikuti bagian yang sedang dibacakan oleh Assistant. Pengguna bebas memilih kecepatan membaca yang diinginkan, dan Google memastikan cara Assistant membacakannya akan terdengar natural, sesuai dengan intonasi dan ritme membaca manusia pada umumnya.

Bagi yang rutin mendongeng untuk anak-anaknya sebelum tidur, mungkin ini saatnya meminta Assistant melakukan hal yang sama untuk Anda. Jangan malah menyuruh Assistant yang membacakan dongeng buat mereka ya.

Sumber: Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter