Gadget

Lini Android TV Besutan Sony Kini Dilengkapi Integrasi Google Assistant

Cukup tekan tombol berlambang mikrofon di remote control dan mulai berbicara untuk menginstruksikan sang asisten virtual

Definisi sederhana smart TV adalah TV yang dapat tersambung ke internet. Namun seiring berjalannya waktu, smart TV dapat diibaratkan sebagai smartphone berlayar masif dengan sistem operasinya sendiri, yang tentu saja mengemas beragam fitur dan aplikasi.

Beberapa contoh yang populer adalah smart TV Samsung dengan OS Tizen, LG dengan webOS dan Sony dengan Android TV. Sejak diumumkan pertama kali di tahun 2014, Android TV cukup konsisten menerima pembaruan, dan yang paling gres adalah integrasi Google Assistant.

Adalah Sony yang pertama kali mewujudkan integrasi ini pada lini Android TV-nya. Smart TV Sony dengan seri XBR-Z9D, XBR-X800D, XBR-X750/X700D, atau semua dari line-up Android TV untuk tahun 2017 milik Sony lainnya, bakal menerima software update yang mendatangkan integrasi Google Assistant.

Mengakses Google Assistant di Android TV tidak lebih rumit dari sekadar menekan tombol berlambang mikrofon di remote control dan mulai berbicara. Selain untuk menavigasikan konten, Assistant dapat dimanfaatkan untuk melakukan pencarian konten, pencarian informasi umum ataupun mengendalikan perangkat smart home yang kompatibel.

Pengumuman ini sekaligus menggambarkan betapa pesatnya ekspansi yang dilakukan Google untuk asisten virtual-nya. Baru tahun lalu Google Assistant menjalani debutnya bersama Pixel generasi pertama, lalu diikuti oleh smart speaker dalam beberapa bulan terakhir, dan sekarang smart TV.

Sumber: PR Newswire.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter