Google secara eksklusif membenamkan asisten virtual Google Assistant ke dalam perangkat Pixel yang membuat pengguna smartphone Android lain mengelus dada. Tapi pengguna smartphone non Pixel tak harus menderita lebih lama, karena mulai hari ini Google secara resmi menghadirkan asisten digital itu untuk ponsel Android secara meluas meski dibatasi untuk sistem operasi Android Marshmallow dan Nougat.

Ketersediaan Google Assistant untuk semua pengguna Android 6.0 dan 7.0 sendiri diumumkan beberapa hari yang lalu di gelaran MWC 2017. Sekarang, dengan peluncuran ini maka, resmi sudah pengguna Android non Google Pixel kini bisa tersenyum lebar, akhirnya setara dengan pengguna lain.

Fungsionalitas Google Assistant versi ini sangat identik dengan yang dijumpai di Pixel dan Pixel XL. Menggantikan Now on Tap, asisten dapat diaktifkan dengan menekan dan menahan tombol home atau dengan mengucapkan “Ok, Google”. Setelahnya, sebuah jendela akan muncul dari dasar dan menampilkan riwayat obrolan, permintaan dan jawaban asisten.

Google Assistant digulirkan dengan cara server-side ke Android 6.0 dan 7.0, artinya Anda tak harus melakukan langkah khusus untuk mendapatkannya. Selama perangkat memenuhi syarat yang diberikan; minimal Android 6.0 Marshmallow dan mempunyai ruang simpan minimal 1,5GB, maka Google Assistant akan tersedia secara otomatis setelah pengguna menerima permintaan update. Hanya saja, untuk sementara ketersediaannya baru akan didapatkan oleh pengguna yang berdomisili di Amerika Serikat. Setelah itu untuk kawasan Australia, Kanada, Inggris dan juga Jerman.

Sumber berita Google.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.