4 January 2018

by Bambang Winarso

Google Bersiap Luncurkan Smartphone Android Go dengan Harga $30?

India akan jadi debut perdana bersama Micromax, Intex, Lava dan Karbonn

Di tahun 2017 lalu, Google resmi memperkenalkan iterasi terbaru Android yang dinamai Android Go, sistem operasi berbasis Oreo yang dirancang untuk perangkat murah dengan RAM 1GB atau bahkan kurang. Inisiasi ini tak lain adalah untuk memperluas jangkauan Android ke pasar-pasar berkembang yang identik dengan perangkat dengan spek minimalis dan harganya yang murah meriah.

Sebagai permulaan, Google dikabarkan sedang bersiap-siap untuk memulai proyek Android Go di pasar India dengan menggandeng sejumlah pabrikan, salah satunya adalah Micromax yang cukup tenar di sana. Lebih ekstrim dari Android One, ponsel dengan bekal OS Android Go dijual seharga $30, paling murah dalam sejarah ponsel pintar Android. Smartphone disebut bakal debut di bulan ini.

Di India, ponsel feature masih merajai pasar di tier harga $25 sampai dengan $35. Dan bila pabrikan lain seperti Intex, Lava, dan Karbonn bergabung bersama Micromax, maka gelombang smartphone super murah ini akan sulit dibendung oleh pabrikan lain yang masih ngeyel fokus di ponsel-ponsel jadul.

Sementara itu di tempat berbeda, Nokia yang kini dimotori oleh HMD Global juga dikabarkan sedang menguji perangkat berbasis Android Go bernama Nokia 1. HMD Global disebut akan meluncurkan ponsel paling murahnya ini pada bulan Maret mendatang, meskipun perusahaan berbasis di Finlandia itu belum memberikan konfirmasi resmi.

Kembali ke topik. Selain mengusung sistem operasi yang diracik lebih ringan dari versi Android 8.0 Oreo standar, iterasi terbaru ini juga bakal dipersenjatai sejumlah aplikasi populer seperti YouTube, Google Maps, Gmail dan Play Store yang ke semuanya diracik ulang dari nol agar optimal di perangkat berspesifikasi minimalis tersebut. Sayang belum ada bocoran spesifikasi yang bakal disematkan.

Jika kabar ini benar, ke mana lagi Android Go akan berlabuh? Berkaca pada program Android One yang sampai saat ini masih bergulir, saya yakin Google sangat tertarik untuk kembali membidik Indonesia untuk peluncuran smartphone Android Go berikutnya.

Sumber berita Gizmochina dan header ilustrasi Android.