Categories

Business

Google Bisnisku Targetkan UKM Lokal Untuk Go Online

DailySocial - 11 May 2015

Pentingnya membawa bisnis ke ranah online tak hentinya disuarakan oleh Google sebagai perusahaan Internet terbesar di dunia. Setelah serangkaian skema yang mendukung percepatan bisnis UKM maupun startup di Indonesia, tanggal 7/5 kemarin giliran Google Bisnisku yang diperkenalkan oleh Google Indonesia dalam rangka membantu online presence UKM yang kabarnya mencapai 55 juta penggiat di seluruh Nusantara.

Insiatif program Android One merupakan langkah awal Google yang memberikan lebih banyak manusia untuk saling terhubung antara satu dan yang lainnya. Skema dilanjutkan dengan MobileLeadership Program (MLP) sebagai pembekalan diri para UKM untuk merancang sendiri aplikasi sederhana tentang bisnis mereka. Sebagai penunjang produktivitasnya, Google For Work resmi diluncurkan untuk mereka yang ingin mendapatkan layanan terbaik dari aplikasi-aplikasi Google.

Tak berhenti sampai di situ, Google Indonesia meresmikan Google Bisnisku yang merupakan sebuah platform di mana para pemilik bisnis dari berbagai ukuran mampu membawa bisnis mereka secara online. Bisnis yang terdaftar akan ditampilkan di Google Search, Google+, dan Google Maps.

Head of SMB Marketing Google Indonesia Mira Sumanti mengatakan:

“Kami mengharapkan untuk UKM mampu mendongkrak bisnisnya. Kami terus mengedukasi khususnya bagi mereka yang belum memiliki online presence sebelumnya. Target kami ialah mampu ‘meng-online-kan’ dua juta bisnis UKM di akhir tahun 2017 nanti.”

Pemilik bisnis cukup memanfaatkan satu akun Gmail dan kunjungi http://www.google.co.id/bisnisku dari perangkat desktop maupun smartphone mereka. Kemudian pilih tiga metode untuk verifikasi bisnis berdasarkan jenis yakni Lokasi fisik, Area Layanan, dan Brand (Merek). Setelah mengisi form singkat, pemilik bisnis akan menerima pos dalam beberapa minggu ke alamat yang tertera. Isi surat tersebut ialah kode verifikasi guna pengelolaan Google Bisnisku lebih jauh.

Startup digital yang belum memiliki kantor bisa memilih opsi Brand, sedangkan metode verifikasi lainnya bisa menggunakan voice call dan kode yang langsung dikirimkan lewat email pemilik. Setiap akun Gmail dapat mendaftarkan Google Bisnisku hingga maksimal 20 bisnis.

Untuk mensosialisasikan layanan mereka, Google Indonesia menggelar roadshow ke lima kota besar di Indonesia dalam tajuk Gapura 2015.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Michael Erlangga

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter