28 April 2016

by Glenn Kaonang

Google Calendar Kini Bisa Carikan Waktu Rapat yang Ideal untuk Beberapa Orang Sekaligus

Pencarian waktu didasari oleh lowong atau tidaknya setiap anggota yang tergabung dalam tim

Mengatur jadwal pribadi saja terkadang bisa terasa sulit, apalagi kalau kita harus mencocokkan dengan jadwal orang lain. Kendati demikian, skenario ini memang sulit terhindari, apalagi jika kita bekerja di suatu divisi perusahaan yang agenda rapatnya cukup rutin.

Namun kalau tim Anda memakai Google Apps for Work atau Education, aplikasi Google Calendar di Android kini telah mengemas sebuah fitur baru yang akan sangat membantu. Namanya “Find a time”, dan tugasnya adalah mencarikan waktu rapat yang paling ideal untuk beberapa orang sekaligus.

Fitur ini akan membantu pengguna mencari waktu rapat berdasarkan lowong atau tidaknya semua anggota yang tergabung. Agenda tiap-tiap rekan yang hendak diundang akan dianalisa secara lengkap, sebelum akhirnya ditemukan waktu yang tepat agar semuanya bisa ikut hadir.

Cara kerja fitur "Find a time" pada aplikasi Google Calendar / Google

Seandainya tidak ada waktu yang benar-benar pas, aplikasi akan menampilkan jadwal bertabrakan mana saja yang sekiranya paling mungkin untuk diganti, lengkap beserta alasannya. Pun begitu, keputusan akhir tetap berada di tangan pengguna, “Find a time” hanya berusaha membantu.

Fitur ini secara spesifik dirancang dan ditujukan untuk tim atau organisasi, dimana shared calendar sudah menjadi bagian penting dalam rutinitas harian. Sejauh ini “Find a time” baru tersedia di Google Calendar versi Android, namun Google telah berjanji untuk meluncurkannya pula untuk versi iOS dan web.

Sumber: Gmail Blog.

Application Information Will Show Up Here