2 November 2016

by Bambang Winarso

Adopsi PGO, Google Chrome untuk Windows Kini Makin Ngebut

Profile Guided Optimization (PGO) membantu Chrome mengoptimalkan fitur yang paling banyak digunakan, menghasilkan peningkatan performa hingga 15%

Tak mau diolok-olok lagi, Google secara konsisten dan relatif lebih cepat melakukan pembaruan untuk perambannya, Chrome. Diperuntukkan bagi platform Windows, pembaruan teranyar membuat Chrome sekarang bekerja 15% lebih cepat dari sebelumnya.

Dimunginkannya peningkatan performa tersebut merupakan hasil dari adanya teknologi yang justru dihadirkan oleh Microsoft, yakni Profile Guided Optimization (PGO). Teknologi di Windos ini mampu mengompilasi versi Chrome yang kemudian melacak dan membaca fitur apa saja yang paling sering digunakan.

Setelah dianalisa, PGO kemudian melakukan optimalisasi fungsi tersebut untuk makin ditingkatkan kecepatannya. Walhasil, kecepatan Chrome secara keseluruhan meningkat secara signifikan, yang juga menghasilkan footprint kode yang lebih ringkas.

Integrasi ini tidak hanya mendongkrak kecepatan Chrome ketika sedang berjalan, tapi juga memangkas waktu startup hingga 16,8%, mempercepat loading halaman di tab baru sebesar 14,8% dan loading halaman meningkat sebesar 5,9%. Ini menjadi sebuah peningkatan penting, dan sudah seharusnya membuat pengalaman browsing pengguna semakin cepat.

Pemanfaatan PGO oleh Google pertama kali diperkenalkan di Chrome 53 64-bit, dan sekarang pengguna Chrome 54 32-bit juga sudah bisa merasakan manfaatnya.

Google dalam beberapa bulan terakhir mulai getol menggenjot pembaruan guna meningkatkan performa tapi tanpa mengorbankan efisiensi, menyusul sindiran keras Microsoft. Selain menggulirkan update yang ditujukan untuk efieisnsi, Google juga menjanjikan pembaruan untuk memangkas penggunaan resource memori yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Sumber berita Chromium dan gambar header Pixabay.