1. DScovery

Google Chrome: Pengertian dan Fungsinya

Google Chrome merupakan web browser yang dikembangkan oleh Google sejak tahun 2008.

Saat ini, kita sudah memasuki era di mana segala informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat. Dengan hanya berbekal mesin pencari dan internet, setiap orang dapat mengakses informasi apapun yang diinginkannya.

Selain kedua hal tersebut, salah satu hal yang penting berperan dalam memberi kemudahan dalam mengakses segala jenis informasi adalah web browser.Web browser merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan segala jenis informasi yang ada di internet. Salah satu contoh web browser yang paling sering digunakan adalah Google Chrome.

Nah, berikut adalah penjelasan mengenai pengertian dan fungsi dari Google Chrome.

Apa itu Google Chrome?

Google Chrome merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mencari, mengakses, dan menampilkan segala bentuk informasi. Google Chrome pertama kali dirilis pada tanggal 2 September 2008 oleh Google.

Pada awal perkembangannya, Google Chrome hanya dapat digunakan pada sistem operasi keluaran Microsoft. Namun saat ini, Google Chrome dapat digunakan pada seluruh sistem operasi, baik Linux, MacOS, iOS, hingga Android.

Saat ini, Google Chrome masih dinobatkan sebagai web browser dengan pengguna terbanyak di dunia. Berdasarkan hasil data dari StatCounter pada tahun 2021, sebanyak hampir dari 70 persen pengguna internet dunia menggunakan Google Chrome sebagai web browser-nya.

Salah satu daya tarik yang menyebabkan kepopuleran Google Chrome adalah adanya tampilan antar-muka yang simpel dan sederhana. Selain itu, Google Chrome juga hadir dengan berbagai fungsi dan fitur yang memberi kemudahan bagi penggunanya.

Lalu, apa saja fungsi yang dimiliki oleh Google Chrome?

Fungsi Google Chrome

Google Chrome menyediakan berbagai fitur dan fungsi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Berikut merupakan beberapa fungsi yang dimiliki oleh Google Chrome, antara lain:

1. Menyediakan Layanan Browsing yang Cepat dan Aman

Meskipun Google Chrome merupakan salah satu produk keluaran Google, namun Google Chrome tidak hanya menggunakan Google sebagai mesin pencarinya. Selain Google, ada beberapa mesin pencari lain yang bisa digunakan sesuai dengan keinginanmu, seperti Yandex, Bing, DuckDuckGo, dan lain sebagainya.

Selain itu, Google Chrome juga dilengkapi dengan fitur Safe Browsing. Fitur ini bertujuan untuk mendeteksi adanya malware, virus, phising, serta hal-hal berbahaya lain yang terdapat pada konten, sehingga dapat membantu untuk melindungi perangkat pengguna.

2. Memudahkan Pengguna Untuk Mengunduh File dalam Waktu yang Singkat

Sama seperti web browser lain, Google Chrome juga dilengkapi oleh fitur yang berfungsi untuk mengunduh file secara cepat dan mudah. Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur unduh secara otomatis di Google Chrome sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Memiliki Sinkronisasi dengan Akun Google

Jika kamu memiliki banyak akun Google yang berbeda, mungkin kamu sering merasa kesulitan ketika harus keluar masuk untuk mengaksesnya di satu perangkat. Untuk itu, Google Chrome memiliki fungsi sinkronisasi yang dapat memudahkanmu untuk mengakses lebih dari satu akun Google dalam satu perangkat.

Sinkronisasi bertujuan untuk memudahkan pengguna yang ingin menyimpan kata sandi, email, bookmark dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa mengakses semua akun Google-mu dengan mudah tanpa harus log in kembali.

4. Menginstal Ekstensi

Ekstensi merupakan fitur atau aplikasi mini tambahan di luar aplikasi yang dapat diinstal oleh pengguna. Ekstensi juga biasa disebut dengan Add-on Chrome. Dengan adanya ekstensi, kamu bisa mengakses lebih banyak fitur, seperti pemblokiran iklan, mempercepat proses unduhan, hingga mengakses VPN dan masih banyak lagi.

5. Mampu Membaca Berbagai Jenis Format File

Google Chrome juga berfungsi untuk membuka segala jenis format file, baik PDF, JPG, MP4, hingga MP3. Selain itu, Google Chrome juga dapat digunakan untuk mengedit dokumen dengan menggunakan Google Suites, yakni Google Docs, Google Sheets, maupun Google Slides.

6. Dapat Digunakan untuk Mengembangkan Web

Selain berfungsi sebagai web browser, Google Chrome juga banyak digunakan untuk pengembangan web. Chrome memungkinkan pengguna untuk melihat hasil compile code. Baik secara online maupun offline.

7. Melakukan Inspect Element

Jika kamu sering melakukan kegiatan coding, maka pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan inspect element.Inspect element merupakan salah satu fungsi Google Chrome yang dapat digunakan untuk melihat kode di balik tampilan antar-muka suatu web. Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu klik kanan pada area yang mana saja, lalu pilih Inspect Element.

Demikian penjelasan mengenai pengertian Google Chrome beserta fungsinya. Dengan beragam fungsi yang dimiliki oleh web browser ini, tidak perlu diragukan lagi jika Google Chrome merupakan web browser paling populer yang digunakan saat ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again