22 January 2015

by Glenn Kaonang

Google Chrome untuk iOS Kini Bercita Rasa Material Design

Di bulan November kemarin, Google memperkenalkan Nexus 6. Mengikuti tradisinya selama bertahun-tahun, Google juga memperkenalkan Android versi baru, Lollipop.

Sebenarnya ada banyak sekali fitur baru yang ditawarkan Android versi baru ini, namun salah satu yang paling menonjol adalah filosofi desain baru yang bernama Material Design. Gaya desain baru ini tidak hanya diterapkan pada tampilan sistem operasi saja, tetapi juga pada segudang aplikasi keluaran Google.

Google sendiri juga mengembangkan berbagai aplikasi untuk sistem operasi iOS milik Apple, dan penerapan Material Design juga turut dilangsungkan. Yang pertama didandani tampilannya adalah aplikasi Google Maps for iOS. Kini giliran Google Chrome for iOS yang mendapat perawatan serupa.

Versi terbaru Google Chrome for iOS ini berpenampilan lebih bersih. Animasi-animasi menyenangkan yang ada pada versi Android-nya turut hadir di sini. Singkat cerita, tampilan aplikasi Google Chrome versi mobile kini tampak seragam.

 

Info menarik: Aplikasi iOS Pilihan untuk Membuat To-Do-List

 

Selain bercita rasa Material Design, versi baru Google Chrome for iOS juga memperkenalkan fitur baru, yakni Handoff. Handoff sendiri merupakan fitur baru milik iOS 8 yang memungkinkan pengguna untuk berpindah aplikasi antara Mac dan perangkat iOS dengan mudah.

Anda kini bisa menggunakan Google Chrome di perangkat iOS 8, lalu saat berpindah ke Mac dengan OS X Yosemite, Anda bisa memindahkan tab yang terbuka di iPhone atau iPad menuju browser pilihan Anda di Mac.

Browser di Mac tersebut tidak terbatas pada Google Chrome saja, tetapi bisa juga Safari, Firefox atau Opera – tergantung browser mana yang Anda pilih sebagai default.

Sayangnya fungsi serupa tidak bisa diterapkan sebaliknya. Anda hanya bisa memindahkan tab dari Google Chrome for OS X menuju Google Chrome for iOS, bukan dari browser lain seperti yang disebutkan tadi.

Lalu apa bedanya dengan fitur tab syncing yang sudah lama diusung Google Chrome? Well, fitur Handoff tidak membutuhkan koneksi internet, Anda hanya memerlukan Mac dan perangkat iOS yang berdekatan dan memakai akun iCloud yang sama, dengan koneksi Bluetooth yang menyala.

Versi terbaru Google Chrome for iOS ini sudah dapat diunduh melalui App Store – bagi yang sudah mengunduh, Anda hanya perlu mengecek tab Updates di aplikasi App Store. Anda juga bisa mengunjungi link berikut: Google Chrome for iOS.