Categories

Gadget

Google Clip Bantu Abadikan Momen yang Terlewatkan oleh Smartphone

Google Clip punya kamera yang terus mengamati, ia akan merekam dalam bentuk foto atau video ketika mendeteksi momen menarik di sekitarnya

Bambang Winarso - 5 October 2017

Bersamaan dengan pengumuman smartphone terbaru Pixel 2, Google juga memperkenalkan beberapa perangkat yang menarik. Salah satunya yang cukup unik adalah kamera mini pintar bernama Google Clip, kamera jenis baru yang mungkin hanya untuk segelintir orang.

Google Clip bukan seperti kamera pada umumnya, melainkan dirancang untuk penggunaan pasif yang menawarkan bantuan untuk menangkap momen yang terlewatkan oleh smartphone atau kamera genggam. Google Clip punya kemampuan menangkap dalam format Motion Photos, format gambar baru yang diciptakan oleh Google yang hampir mirip dengan Live Photo milik Apple. Kamera ini menangkap video singkat tanpa audio, dan dilengkapi teknologi pengenal pintar yang membantu mengabadikan moment secara otomatis. Perangkat juga dapat dihubungkan ke smartphone untuk melihat apa yang sudah ia rekam.

Dibanderol $249, Google Clip duduk di posisi yang unik. Ia bukan kamera utuh tapi juga bukan alat pemantau keamanan, tetapi juga bukan camcorder untuk keperluan vlogging. Posisinya unik, tapi sayang harganya cukup mahal sehingga jujur saja saya berpikir, mungkin Google Clip tak akan memiliki peminat yang besar mengingat di luar sana ada banyak pilihan yang terbilang lebih komplet lagi murah.

https://youtu.be/JXh1yyvXpwo

Dari sisi bentuk, Google Clip mempunyai wujud kubus dengan sebuah lensa besar dan tombol. Berkat teknologi kecerdasan buatan, kamera di Google Clip terus mengawasi yang terjadi di sekitarnya. Dan begitu AI mendeteksi sesuatu yang menarik, ia akan mengaktifkan kamera untuk menjepret momen ke dalam bentuk foto atau video. Berkas kemudian akan disimpan dan dapat disalin dengan menghubungkan perangkat ke smartphone atau laptop.

Di dalamnya tersemat memori seluas 16GB dan mampu bertahan hidup selama tiga jam pemakaian normal. Kameranya mempunyai sudut pandang 130 derajat, dilindungi pula oleh Gorilla Glass 3, punya USB tipe C dan dukungan WiFi Direct serta Bluetooth LE.

Sumber berita Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter