Categories

Misc

Google dan WordPress.com Bersinergi Mengembangkan Platform Penerbitan, Newspack

Newspack akan membantu media skala kecil untuk tumbuh berkembang menghadapi tuntutan globalisasi

Bambang Winarso - 16 January 2019

Media lokal menghadapi tantangan globalisasi yang sangat keras. Jika tidak segera mengikuti perkembangan zaman yang sudah serba digital, hanya soal waktu bagi mereka untuk mendeklarasikan penutupan operasional.

Tapi Google News Initiative dan Automattic – perusahaan yang membawahi WordPress.com – tak rela menyaksikan para jurnalis lokal kehilangan semangat atau bahkan mata pencaharian. Bersinergi bersama, keduanya menciptakan platform baru yang dinamai Newspack.

Selama beberapa tahun terakhir, Google telah menegaskan betapa pentingnya jurnalisme bagi perusahaan. Google News Initiative berkomitmen terus memberikan dukungan kepada mereka dengan menyediakan dana dan membangun fitur baru yang dioptimalkan untuk penerbit. Proyek terbaru ini secara khusus difokuskan untuk media berita lokal.

Tak tanggung-tanggung ada dana sebesar $2,4 juta untuk menjadi nafas bagi proyek ini yang berasal dari beberapa nama, antara lain Lenfest Institute for Journalism ($ 400.000), ConsenSys ($350.000), dan Yayasan John S. dan James L. Knight ($ 250.000). Sumber lain yang belum disebutkan namanya diperkirakan memberikan tambahan $200.000 akhir bulan ini.

Newspack merupakan sistem penerbitan yang cepat, aman, dan murah yang dibuat khusus untuk kebutuhan ruang redaksi skala kecil. Alat penerbitan baru ini disebut tersedia untuk penerbit secara global di akhir tahun ini.

“Jurnalis harus menulis cerita dan meliput apa yang terjadi di komunitas mereka, bukan malah memikirkan tentang merancang situs web, mengonfigurasi CMS, atau membangun sistem perdagangan.”

Dengan Newspack, penerbit nantinya memperoleh akses ke seluruh plugin yang diciptakan oleh WordPress atau yang terintegrasi di dalamnya. Akan tetapi rincian tentang apa yang bisa dilakukan di platform Newspack masih belum benar-benar terlihat. Tapi Automattic mengklaim akan menggabungkan “praktik editorial dan bisnis terbaik” dari seluruh industri penerbitan.

Platform Newspack itu sendiri masih dalam mode pilot, dan belum akan diluncurkan sampai Juli 2019. Namun hingga saat ini permintaan sudah berdatangan dari berbagai media publikasi. Automattic sendiri mengatakan bakal memprioritaskan media yang sebelumnya sudah menunjukkan kesuksesan editorial dan finansial, meskipun startup berita yang masih hijau juga akan dipertimbangkan jika mereka memiliki rencana bagus.

Sumber berita Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id