Google Umumkan Rencana Menghadirkan Google Cloud Region Indonesia

Google Umumkan Rencana Menghadirkan Cloud Region Indonesia (UPDATED)

Disampaikan dalam Google Cloud Summit Indonesia 2018
Peresmian rencana pengembangan Google Cloud Region Indonesia / Google
Peresmian rencana pengembangan Google Cloud Region Indonesia / Google

Google hari ini (04/10) menyelenggarakan Google Cloud Summit Indonesia 2018. Acara diisi oleh beberapa narasumber dari kalangan startup dan korporasi yang memanfaatkan Google Cloud. Salah satu hal menarik ialah adanya pengumuman bahwa Google akan membuka Google Cloud Region di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan.

Google Cloud Region Indonesia (semacam pusat data atau data center) akan jadi yang ke delapan di Asia Pasifik setelah Mumbai, Singapura, Taiwan, Sydney, dan Tokyo. Harapannya pelanggan Google Cloud Platform (GCP) di Indonesia akan mendapat keuntungan seperti latency yang rendah dan kinerja yang tinggi dalam penggunaan.

“Google Cloud berkomitmen untuk melayani pelanggan GCP kami di Indonesia, secara cepat berpartisipasi dalam ekonomi digital,” terang Managing Director Google Cloud Asia Pasific, Rick Harashman.

Dalam presentasinya, Harashman juga menjelaskan bahwa GCP akan melakukan investasi jangka panjang dalam mengembangkan infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung bisnis GCP di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari permintaan pelanggan di Indonesia yang meminta GCP menghadirkan inovasi teknis di Indonesia.

“Dengan berekspansi ke wilayah baru, kami memberikan kinerja yang lebih tinggi bagi para pelanggan. Pelanggan kami sejak beberapa waktu lalu sudah meminta kami untuk menghadirkan inovasi-inovasi teknis ke Indonesia dan kami bangga bisa melakukannya,” lanjut Harashman.

Dalam keterangan resminya Head of Google Cloud Southeast Asia, Tim Synan menyebutkan, “Kami menghadirkan kekuatan Google Cloud ke berbagai ukuran bisnis di Indonesia dan membantu mereka memberikan solusi khusus melalui berbagai platform dan perangkat.”

Google juga memperkenalkan beberapa kecanggihan kecerdasan buatan dan machine learning yang disematkan di layanan G Suite-nya. Seperti pengolahan data yang dimudahkan dengan chat, Google Docs yang sudah terintegrasi dengan translator, hingga pencarian gambar yang lebih pintar di dalam Google Slide.

Update: pihak Google menyatakan bahwa Cloud Region berbeda dengan data center. Cloud Region adalah zona ketersediaan yang didesain untuk meminimalkan latency dan meningkatkan performa layanan di suatu wilayah.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…