Categories

Business

Google Dikabarkan Tertarik Membeli CyanogenMod

Bambang Winarso - 3 October 2014

Mayoritas penggila Android pastinya tak asing lagi dengan CyanogenMod atau Cyanogen, sebuah custom ROM paling populer yang dipelopori pertama kali oleh Steve Kondik.

Memulai debut di tahun 2009, Kondik dengan percaya diri membuat perusahaan sendiri dengan nama CyanogenMod Inc. Sepak terjang CyanogenMod menarik perhatian banyak orang, dan kini konon Google jadi salah satunya.

Dikutip oleh Ubergizmo dari Phandroid, bahwa CyanogenMod dikabarkan tengah didekati oleh Google sebagai upaya akuisisi dengan nilai valuasi mencapai $1 miliar. Keseriusan Google membeli CyanogenMod ditunjukkan dengan mengirim langsung Sundar Pichai guna melakukan pendekatan. Namun gayung tak bersambut, pihak CyanogenMod kabarnya menolak tawaran tersebut.

Penolakan atas pinangan Google tersebut disebabkan karena satu alasan, menurut tim CyanogenMod mereka masih punya banyak waktu dan kesempatan untuk lebih berkembang lagi.

 

 

Info Menarik: Android dan Tegra Akan Tenagai Mobil Honda Masa Depan

 

 

Jika berkaca pada eksistensi CyanogenMod saat ini, rasanya alasan yang diungkapkan tersebut tidaklah berlebihan. Hingga saat ini, mereka memiliki lebih dari delapan juta pengguna dengan jumlah unduh firmware bulan lalu 38 juta kali. CM sendiri mendukung lebih dari 100 perangkat Android mungkin lebih, dan beberapa pengguna melakukan update tiap beberapa hari.

Selain itu dua vendor smartphone seperti Oppo dan OnePlus juga sudah mengadopsi custom ROM CyanogenMod untuk ditanamkan di sejumlah produk mereka.

Terkait upaya akuisisi CyanogenMod oleh Google, banyak media menyoroti nilai valuasi yang diberitakan. Sejumlah media mempertanyakan bagaimana angka $1 miliar bisa muncul ke permukaan. Sejak nilai valuasi tahun lalu di kisaran $22 juta, CyanogenMod belum terlihat mampu menghasilkan banyak pendapatan.

Memang betul Cyanogen punya rekanan Oppo dan OnePlus, Cyanogen juga banyak membantu dan memberikan inspirasi. Tetapi itu saja dianggap tidak mencukupi atau punya pengaruh besar terhadap lompatan nilai valuasi dari $22 juta ke $1 miliar.

Apabila nilai Cyanogen memang tidak setinggi itu, maka keputusan menolak tawaran jumlah yang sangat besar, $1 miliar, bisa menjadi penyesalan seumur hidup. Terlebih dengan berada di bawah bendera Google, Cyanogen punya banyak sumber daya untuk lebih berkembang. Tapi jika kabar ini benar bisa jadi CM sudah punya antisipasi lain karena menolak tawaran Google.

Sumber gambar header Phandroid.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter