25 July 2014

by Yoga Wisesa

Google Dilaporkan Sedang Dalam Proses Pembelian Twitch Seharga US$ 1 Miliar

Twitch ialah platform video streaming andalan para gamer yang ingin mengakses pertandingan-pertandingan eSport dan juga event gaming internasional secara langsung. Terdapat lebih dari 50 juta penonton dan 1,1 juta pengguna aktif mengakses Twitch dalam satu bulan. Tentu Twitch diserbu khalayak saat acara-acara seperti E3 atau The International 4 dilangsungkan.

Melihat potensi gaming dan lini eSport yang kian berkembang pesat dan menjadi industri hiburan paling menguntungkan, Twitch tampaknya menarik perhatian perusahaan internet terbesar di bumi. Dilaporkan oleh Venture Beat, sebuah sumber terpercaya menginformasikan bahwa Google sedang melakukan kesepakatan dengan Twitch senilai US$ 1 miliar agar layanan video streaming itu menjadi bagian darinya.

Kabar ini sudah beredar semenjak bulan Mei lalu, tapi kedua perusahaan menolak untuk memberikan komentar. Dengan begitu cepat atau lambat, mereka akan segera memberikan pernyataan secara resmi. Menurut Venture Beat, alasan yang mendorong Google adalah layanan streaming yang semakin digemari dan evolusi turnamen gaming profesional sebagai olahraga yang menarik perhatian jutaan penonton.

 

Info menarik: Nvidia Umumkan Shield Tablet Bertenaga Tegra K1 dan Integrasi Twitch

 

Tentu dengan begitu banyak penonton, terbuka pula kesempatan emas bagi para pengiklan dengan potensi keuntungan bernilai jutaan dolar. Apalagi turnamen Dota 2 The International 4 baru saja memecahkan rekor jumlah total hadiah terbesar di dalam sejarah gaming. Dan kita baru menghitung satu judul game, masih ada banyak permainan lain dengan jutaan gamer yang memiliki channel resmi di Twitch.

Divisi YouTube-lah yang nampaknya bertanggung jawab dalam proses akuisisi tersebut. Dibeli oleh Google pada tahun 2006 senilai US$ 1,64 miliar, YouTube saat ini masih menjadi platform video nomor satu di internet dengan total akses lebih dari 6 juta jam video dalam satu bulan, dan pengguna sebanyak satu miliar orang di seluruh dunia.

Tapi konten video di dalam YouTube merupakan hasil unggahan. Dengan memiliki Twitch, tentu saja akan ada perubahan besar-besaran dalam bisnis mereka. Akuisisi ini memberikan Google kontrol pada dua layanan video terbesar di internet.

 

Info menarik: Menangkan Turnamen Dota 2 The International 4, Newbee Bawa Pulang US$ 5 Juta

 

Twitch (atau juga dikenal dengan nama Twitch.tv) diluncurkan pada bulan Juni 2011 sebagai anak perusahaan Justin.tv oleh co-founder Justin Kan dan Emmet Shear. Dengan konten-konten gaming yang ada di dalamnya, Twitch berkembang dengan sangat pesat, dan akhirnya ia dapat berdiri secara mandiri.

Website dan app Twitch didesain sebagai platform video live bertema game yang meliputi turnamen eSport kelas dunia, acara talk-show gaming, bahkan digunakan untuk broadcasting secara individual oleh para user. Beberapa channel juga menayangkan aksi speedrunning - memainkan video game tertentu dalam waktu secepat-cepatnya hingga selesai.

Twitch telah terintegrasi dengan berbagai software PC seperti Origin, Uplay, XSplit Gamecaster, Nvidia melalui fitur ShadowPlay, serta game Minecraft hingga Eve Online. Layanannya juga sudah bisa diakses oleh berbagai macam platform: PlayStation 4, Xbox One, Ouya, Android serta iOS melalui software dan app yang ada di dalamnya.

Gambar header: Phandroid.com.