Categories

Mobile

Google Discover Kini Mulai Tersedia di Situs Mobile Google

Tidak perlu lagi menggunakan aplikasi Google untuk menikmati suguhan informasi secara proaktif

Glenn Kaonang - 30 October 2018

September lalu, Google memperkenalkan Discover sebagai pengganti Google Feed. Feed sendiri merupakan evolusi dari Google Now, dan semua ini adalah bagian dari upaya Google untuk menyuguhkan informasi secara proaktif, tidak lagi menunggu kata kunci dari pengguna seperti ketika Google baru sebatas mesin pencari.

Secara mendasar, apa yang ditawarkan Discover sebenarnya mirip seperti Google Feed. Kendati demikian, tampilannya tampak lebih modern dan segar, dan jenis konten yang disajikan pun juga lebih bervariasi. Salah satunya, Discover juga menampilkan artikel atau video yang bersifat evergreen – bukan konten yang benar-benar baru, tapi baru untuk sang pengguna itu sendiri.

Untuk menyajikan berita-berita terbaru, Discover menggunakan basis teknologi yang sama seperti Google News, yang mengandalkan bantuan AI untuk menyajikan beragam perspektif yang berbeda mengenai suatu topik.

Semua ini disajikan dalam wujud serba kartu seperti yang sudah diterapkan oleh Google Now sejak lama. Bedanya, Discover memberikan kontrol yang lebih lengkap. Nama topik di bagian atas kartu bisa diklik untuk melihat konten lain dari topik tersebut, sedangkan tombol tiga titik di kanan atas bisa dipakai untuk, misalnya, memblokir konten dari situs tertentu.

Terakhir, ada semacam tuas kecil di kanan bawah yang berfungsi untuk menentukan apakah pengguna ingin Discover menampilkan lebih banyak atau lebih sedikit konten yang serupa. Namun aspek paling menarik dari Discover adalah faktor ketersediaannya.

Berdasarkan pantauan 9to5Google, Google sudah mulai menampilkan Discover pada situs mobile-nya. Sebelumnya, Discover hanya tersedia di aplikasi Google untuk Android atau iOS, namun sekarang semua ponsel juga dapat mengaksesnya via browser.

Sebagai pengguna iPhone, jujur saya kurang suka memakai aplikasi Google karena integrasinya tidak sebagus di Android (tentu saja). Membuka google.com di Safari jauh lebih praktis buat saya, dan kehadiran Google Discover di situs mobile berarti saya tidak melewatkan terlampau banyak fitur yang menarik.

Sumber: 9to5Google.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter