14 February 2018

by Bambang Winarso

Google Disebut Berencana Hadirkan Fitur Smart Reply untuk Semua Aplikasi Pesan

Fitur yang dinamai Reply akan menghadirkan kemampuan Smart Reply di seluruh platform pesan singkat

Jika Anda pengguna loyal Gmail, Inbox atau Allo, tentu Anda paling tidak sudah mengenal salah satu fitur bernama Smart Reply. Fitur ini dalam praktiknya seringkali muncul dan memberikan saran kata yang mungkin Anda gunakan untuk membalas email atau pesan yang diterima.

Seperti itulah cara kerja Smart Reply yang juga beraksi melalui bar notifikasi. Sejauh ini, hanya tiga aplikasi tersebut yang punya fitur Smart Reply. Tapi, tampaknya tak akan bertahan lama, menyusul merebaknya kabar bahwa Google berencana menggulirkan fitur tersebut untuk semua platform pesan chat. Fitur pintar tersebut dikatakan bakal tersedia di Android dengan nama β€œReply” di mana lebih jauh ia akan mencakup dukungan pihak pertama dan pihak ketiga.

Berdasarkan screenshot yang beredar, tampak bahwa fitur baru ini juga punya kemampuan yang cukup pintar. Terlihat bagaimana ia mampu merespon pertanyaan dari seseorang menggunakan estimasi jarak dari Google Maps, lalu memberikan jawaban yang benar, meskipun akurasinya perlu dibuktikan lagi.

Fitur baru ini juga mampu menyesuaikan status dengan situasi terkini ponsel. Misalnya, ketika pengguna sedang berkendara dan ponsel diset Do Not Disturb, maka Reply bisa mematikan notifikasi dan mengirimkan respon ke pengirim bahwa Anda sedang tidak bisa dihubungi. Meski demikian, fungsi Reply kemungkinan akan dikaitkan dengan aplikasi keyboard, Google Gboard, terutama mempertimbangkan kompatibilitas aplikasi pihak ketiga yang masih terbatas. Jadi, akan sangat menyenangkan jika Reply dapat diintegrasi ke WhatsApp atau Messenger.

Sumber berita AndroidPolice.